Ban Motor Kempes? Yuk Pelajari Tekanan Angin yang Aman!
Ban Motor Kempes? Yuk Pelajari Tekanan Angin yang Aman!

Ban Motor Kempes? Yuk Pelajari Tekanan Angin yang Aman!

15 June 2022
0 Comments

Sangatlah penting untuk mengetahui cara mempertahankan kualitas motor, termasuk mengetahui ukuran tekanan angin ban motor. Seringkali hal ini diremehkan, padahal menjaga tekanan angin ban agar tetap sesuai standar dapat memperpanjang umur ban motor. Ban motor yang terjaga kualitasnya dapat memberikan banyak dampak positif pada pengalamanmu saat mengendarai motor termasuk keamanan kamu dan orang tercinta. 

Apabila kamu bingung harus mulai dari mana untuk tahu ukuran tekanan ban motor, jangan khawatir! Kali ini kami akan mengupas segala hal tentang tekanan ban motor.

Penting Gak Sih Tahu Tekanan Angin Ban? 

ban kendaraan motor untuk tekanan angin yang aman

Seringkali ketika sedang isi angin di pinggir jalan, kita mempercayakan sepenuhnya kepada tukang tambal ban untuk menyelesaikan pekerjaannya tanpa memberi tahu terlebih dahulu ukuran tekanan angin ban motor. 

Padahal sesungguhnya, mengisi angin dengan tekanan yang tidak sesuai bisa membahayakan kamu saat mengendarai motor. Apabila tekanan ban motor kurang dari sebelumnya, motor yang kamu kendarai akan terasa lebih berat karena ban yang terlalu kempes. Akibatnya, gesekan antara ban dengan jalanan menjadi semakin besar sehingga ban menjadi lebih cepat aus. Sedangkan apabila kamu mengisi ban melebihi ukuran tekanan, akibatnya ban menjadi terlalu menggembung sehingga menjadi jauh lebih rentan untuk mengalami kebocoran karena batu, jalan yang tidak rata, bahkan polisi tidur.

Ukuran Tekanan Angin Ban Motor Yang Aman 

orang mengecek tekanan angin ban motor agar aman

Nah, terbayang kan seberapa pentingnya untuk tahu tekanan angin ban motor? Sekarang mari kita ulik lebih dalam segala sesuatu yang perlu kamu ketahui tentang tekanan angin ban motor.

Umumnya, tekanan udara dalam ban diukur dalam satuan pound per inchi atau PSI. Untuk motor, tekanan angin yang direkomendasikan berkisar dari 30 sampai 35 PSI. Akan tetapi, tentu saja tiap jenis motor memiliki tetapan ukuran tekanan angin yang berbeda-beda. Informasi mengenai ukuran tekanan angin ban pasti tertera di badan motor milik kamu. Tentunya, posisi di mana label tersebut berada berbeda-beda untuk tiap motor. 

Untuk motor, biasanya rekomendasi tekanan angin pada label terdiri atas informasi tentang  ukuran angin untuk ban depan dan belakang, serta ketika motor dikendarai satu orang dan dua orang. Ukuran tekanan angin pun tentu saja berbeda pula untuk motor bebek, motor matic, serta motor sport

Khusus untuk kamu, kami telah merangkum ukuran tekanan angin ban motor pada umumnya. Berikut adalah ukuran tekanan angin ban berbagai jenis motor: 

  1. Motor Matic
    • Ban Depan: 29 PSI untuk baik satu atau dua pengendara
    • Ban Belakang: 33 PSI untuk satu pengendara, 36 PSI untuk dua pengendara
  2. Motor Bebek 
    • Ban Depan: 29 PSI untuk satu pengendara, 30 PSI untuk dua pengendara 
    • Ban Belakang: 31 PSI untuk satu pengendara, 33 PSI untuk dua pengendara
  3. Motor Sport 
    • Ban Depan: 32 PSI untuk satu pengendara, 34 PSI untuk dua pengendara 
    • Ban Belakang: 39 PSI untuk satu pengendara, 41 PSI untuk dua pengendara

Perlu diingat bahwa informasi di atas adalah ukuran tekanan angin ban motor secara umum. Untuk rekomendasi tekanan angin ban yang lebih tepat untuk jenis motor milik kamu, silahkan langsung cek label yang ada pada bodi motor kesayanganmu!

Tekanan Angin Ban Motor Bisa Berubah-berubah Gak, Ya?

menutup lubang angin motor

Sayangnya, rekomendasi PSI yang tertera pada kendaraan motor belum tentu selalu bisa menjadi patokan. Hal ini disebabkan karena kondisi ban yang seiring waktu dapat berubah. Faktor-faktor seperti suhu, seberapa sering motor dikendarai, serta kontur jalanan yang dilewati sehari-hari dapat sangat mempengaruhi kondisi ban.

Oleh karena itu, sangatlah disarankan bagi kamu untuk dengan rutin memeriksa ban secara teratur. Rekomendasi ukuran tekanan angin ban motor sesungguhnya didapat berdasarkan dari pembacaan yang diambil dengan pengukur tekanan ban. Oleh karena itu, untuk mengetahui ukuran tekanan angin yang lebih pas, kamu bisa langsung cek pada jasa isi angin ban. Sekarang sudah banyak pom bensin yang menyediakan jasa mengisi angin, kamu bisa sekaligus memeriksakan tekanan angin pada ban motor sambil mengisi bensin. 

Apabila kamu  ingin pemeriksaan yang lebih akurat, sambil melakukan service rutin di bengkel kamu bisa langsung meminta untuk memeriksa kondisi ban juga. Dengan pemeriksaan minimal sekali sebulan, niscaya ban motor milik anda akan menjadi lebih tahan lama.

Mengetahui ukuran tekanan angin ban motor yang tepat mungkin rasanya remeh-temeh, padahal sangatlah penting untuk menjaga umur ban, juga untuk keselamatan sangat berkendara. Karena cara untuk mengetahui tekanan angin sangat mudah dan cepat, tak ada cerita lagi bagi kamu untuk tidak memperdulikan hal yang sangat penting seperti ini. 

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.