Mesin Motor Berkerak? Ikuti Cara Mudah Menghilangkannya!
Mesin Motor Berkerak? Ikuti Cara Mudah Menghilangkannya!

Mesin Motor Berkerak? Ikuti Cara Mudah Menghilangkannya!

15 July 2022
0 Comments

Cara membersihkan kerak pada mesin motor seringkali dianggap sepele. Padahal salah satu penyebab umum kenapa mesin motor cepat panas adalah karena kerak yang membandel. Kotoran-kotoran yang menumpuk tersebut sesungguhnya dapat menyumbat mesin sehingga motor menjadi rentan rusak. Karena itu, menjaga kebersihan mesin tidak bisa dianggap sepele.  

Membersihkan kerak yang terbentuk pada mesin motor berbeda sesungguhnya membutuhkan trik khusus karena sulit sekali dibersihkan. Jangan khawatir!  Kami sudah rangkum tujuh cara mudah untuk menghilangkan kerak pada mesin motor.

Kenapa Mesin Motor Bisa Berkerak? 

gambaran kerak pada mesin motor

Kerak pada mesin motor pada dasarnya disebabkan oleh campuran hasil pembakaran yang tidak sempurna, karat pada lapisan logam mesin, tumpukan oli yang sudah kotor, serta kotoran-kotoran lain yang didapat selama penggunaan motor. Apabila  komponen pada mesin seperti ring piston dan seal mesin mulai rusak, bahan bakar juga bisa menjadi bocor keluar sehingga memperburuk kerak pada mesin motor.

Apabila terus dibiarkan, kerak pada mesin akan menjadi semakin menumpuk sehingga menyumbat saluran-saluran pada di mesin motor kamu. Akibatnya, mesin motor jadi cepat panas dan rentan rusak. Apabila mesin motor dibiarkan berkerak, mesin tetap akan rentan panas tak peduli seberapa rajin kamu mengganti oli.

Komponen mesin motor yang rentan menjadi rusak karena kerak ini antara lain adalah fuel injector, ring piston, dan PCV valve. Komponen-komponen tadi sangatlah penting untuk pengorepasian mesin. 

Cara Membersihkan Kerak Pada Mesin Motor 

gambaran orang sedang membersihkan kerak motor

1. Bersihkan Kotoran dengan Air Duster

Langkah pertama yang kamu harus kamu lakukan ketika membersihkan kerak pada mesin motor adalah dengan membersihkan debu-debu dan kotoran menggunakan air duster atau semprotan angin. Apabila kamu tidak memiliki semprotan angin, kamu bisa menggunakan sikat gigi atau kain lap bersih yang kering. Hindari penggunaan air ketika membersihkan debu-debu yang menempel karena bisa beresiko mengenai karburator. Apabila karburator terkena air, maka mesin motor bisa menjadi rusak atau bahkan tidak bisa hidup lagi tergantung dari seberapa banyak air yang mengenai karburator. 

2. Lindungi Komponen yang Sensitif Terhadap Air

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, ada beberapa komponen pada mesin motor yang bisa menjadi rusak apabila terkena air. Oleh karena itu, sebelum mulai membersihkan kerak, pastikan bahwa bagian-bagian sensitif dari mesin motor sudah dilepas atau ditutupi dengan plastik. Ketika menutupi bagian yang rawan rusak dengan plastik, kamu bisa juga menggunakan masking tape untuk memastikan bahwa komponen tersebut benar-benar terlindung. 

3. Lapisi Mesin Yang Kotor Dengan Degreaser

Satu trik yang membedakan cara membersihkan kerak pada mesin motor dengan cara mencuci motor secara umum adalah penggunaan degreaser. Degreaser adalah cairan pembersih yang khusus dibuat untuk membersihkan kotoran oli yang membandel. 

Lapisi bagian mesin motor yang berkerak dengan cairan degreaser menggunakan sikat gigi. Diamkan degreaser dalam 15 sampai 30 menit agar kerak oli bisa perlahan-lahan luruh. 

Apabila kamu tidak memiliki degreaser, kamu bisa pakai sabun cuci piring sebagai alternatif. Akan tetapi, karena sabun cuci piring tidak didesain untuk membersihkan oli yang membandel, kamu mungkin butuh beberapa kali membersihkan mesin sampai kerak sepenuhnya hilang. 

4. Bilas Degreaser dengan Air

Setelah menunggu selama tiga puluh menit, bilas mesin sampai benar-benar bersih dari cairan degreaser. Kamu bisa menggunakan nozzle spray dengan bertekanan tinggi untuk hasil bilasan yang lebih bersih. 

5. Bersihkan Lagi Kerak yang Masih Membandel

Setelah membilas bersih degreaser dengan air, kemungkinan besar masih ada sisa kerak dan kotoran yang masih tersisa pada tiap lekuk mesin. Untuk membersihkan kotoran yang masih membandel ini, siapkan seember air hangat yang sudah dicampur dengan sabun lalu bersihkan kotoran-kotoran yang masih ada pada mesin. 

Karena sebelumnya kamu sudah menggunakan degreaser, maka membersihkan sisa kotoran harusnya menjadi lebih mudah. Setelah itu, kembali bilas bersih mesin dengan air hangat. Kamu bisa mengulang kembali langkah ini apabila masih ada kotoran yang tertempel pada mesin.

6. Keringkan Mesin 

Untuk mengeringkan mesin, kamu bisa menggunakan kembali semprotan angin untuk mempercepat proses pengeringan. Kemudian gunakan kain bersih yang kering untuk membersihkan sisa-sisa air yang masih ada pada mesin. Diamkan mesin selama 30 menit sampai 1 jam untuk memastikan bahwa mesin benar-benar kering aman untuk digunakan kembali nantinya. 

7. Lapisi Mesin Dengan Rubber Seal Protectant

Rubber seal protectant adalah cairan pelindung yang melapisi mesin sehingga tidak mudah kotor. Karena terbuat dari rubber atau karet, maka kotoran-kotoran dari oli dan kotoran lainnya tidak akan terlalu sulit dibersihkan lagi. Lapisan pelindung ini juga menjaga mesin dari air sehingga mesin menjadi tetap kering dan jadi lebih tahan lama. 

Demikian adalah ulasan mengenai cara membersihkan kerak pada mesin motor. Pada dasarnya, proses pembersihan sama seperti cara mencuci motor seperti biasa. Akan tetapi, ada beberapa trik tambahan yang digunakan karena kerak yang lebih bandel dibanding kotoran biasa serta komponen mesin yang jauh lebih sensitif dibanding bagian lain pada motor. 

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.