Segera Perbaiki, Efek Samping Knalpot Bocor Pada Motor
Segera Perbaiki, Efek Samping Knalpot Bocor Pada Motor

Segera Perbaiki, Efek Samping Knalpot Bocor Pada Motor

19 May 2022
0 Comments

Sering pakai sepeda motor? Knalpot bocor motor Anda mungkin sudah menghambat berbagai rutinitas harian. Knalpot sering terabaikan dalam perawatan walau memiliki fungsi penting. Akibatnya, kinerja motor menjadi terhambat dan bahkan cepat rusak. Jika ingin motor lebih awet dan hemat bahan bakar, Anda harus memahami tanda-tanda knalpot bocor dan dampaknya.

Apa Itu Knalpot Motor?

knalpot kendaraan roda dua

Knalpot adalah saluran di bagian belakang kendaraan yang berfungsi membuang sisa pengolahan bahan bakar. Prinsip pembuatannya sama dengan cerobong yang membuang asap sisa pengolahan material di pabrik. Knalpot juga memiliki semacam saringan dan peredam yang berfungsi mengurangi kebisingan dari ruang pembakaran di dalam mesin motor.

Karena berkaitan dengan proses pembuangan, knalpot harus menjalani pemeriksaan dan perawatan secara rutin. Knalpot yang rusak tidak hanya berpengaruh pada kinerja motor, tetapi juga efisiensi penggunaan bahan bakar dan kondisi mesin dalam jangka panjang.

Kenali Fungsi Knalpot Pada Motor

Fungsi knalpot motor lebih dari “sekadar” saluran pembuangan serta peredam suara. Knalpot yang berfungsi baik membantu mengurangi polusi udara akibat karbondioksida di dalam sisa pengolahan bahan bakar. Teknologi knalpot masa kini membantu mengurangi emisi sehingga efek polusi bisa diredam.

Knalpot juga bisa meningkatkan tenaga mesin, terutama jika Anda mengendarai motor 2 tak. Akselerasi motor juga bisa lebih bagus sehingga terasa ringan. Penyuka modifikasi juga bisa memesan knalpot berdesain khusus untuk membuat tampilan motor lebih keren.

Efek Samping Knalpot Bocor Pada Motor

Knalpot bocor motor Anda bisa membawa berbagai efek samping bagi kinerja kendaraan. Inilah beberapa tanda bahwa knalpot tidak berfungsi baik:

1. Panas Berlebihan

illustrasi motor panas berlebihan

Knalpot memiliki sistem sirkulasi yang berfungsi untuk menjaga temperatur mesin. Ketika knalpot bocor, sirkulasi terganggu sehingga mesin cenderung lebih cepat panas. Hal ini berisiko menyebabkan panas berlebihan (overheat) yang bisa membuat komponen motor cepat rusak.

2. Bahan Bakar Menjadi Boros

Indikator bensin habis pada motor vespa

Ketika knalpot bocor, bahan bakar di dalam motor bisa ikut dibakar dan keluar bersama gas buang. Akibatnya, bahan bakar menjadi lebih cepat habis. Jika Anda terus membiarkan knalpot dalam kondisi bocor, motor Anda akan lebih cepat menghabiskan bahan bakar setiap bulan sehingga memboroskan uang.

3. Suara Motor Menjadi Berisik

seseorang tutup kuping dikarenakan berisik

Knalpot memiliki penyaring suara yang mencegah mesin motor menjadi terlalu berisik. Ketika knalpot mengalami kebocoran, suara yang keluar tidak tersaring sehingga lebih berisik dari biasanya. Kerusakan sistem penyaringan ini juga membuat suara motor terdengar aneh. Sisi positifnya, suara berisik dan aneh ini memudahkan Anda mendeteksi kerusakan pada knalpot.

4. Mesin Kehilangan Kompresi

illustrasi seseorang cek mesin motor kehilangan kompresi

Knalpot bocor ternyata bisa mengurangi performa motor. Kebocoran knalpot mengakibatkan munculnya lubang yang mengacaukan kompresi motor. Akibatnya, mesin motor tidak bisa mengeluarkan tenaga maksimal.

5. Knalpot Meletup – Meletup

knalpot motor meletup

Knalpot bocor bisa menghambat keluarnya gas buangan. Hal ini menyebabkan gejala umum berupa knalpot yang meletup-letup dan mengeluarkan kepulan asap. Knalpot meletup ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga memberi indikasi adanya masalah knalpot yang cukup serius.

Tips Merawat Knalpot Motor Biar Awet

Anda harus merawat knalpot motor secara rutin agar tidak mudah bocor. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar knalpot selalu berfungsi baik.

1. Rutin Menggunakan/Memanaskan Motor

motor hitam sedang di panaskan dan mengeluarkan asap

Tahukah Anda mengapa motor harus sering dipanaskan ketika jarang dipakai?

Ketika motor jarang digunakan, kotoran akan lebih mudah menumpuk di knalpot. Hal ini bisa menciptakan kerak dan karat yang mengganggu fungsi knalpot. Jika Anda jarang menggunakan motor, pastikan memanaskan mesin motor setiap hari. Panas dan getaran yang dihasilkan akan mengikis kotoran dan bercak dari komponen knalpot.

2. Cuci Motor Secara Rutin

motor sedang dicuci dengan air

Motor yang jarang dicuci lebih mudah mengalami kebocoran knalpot, terutama selama musim hujan atau jika motor sering digunakan di jalan berlumpur. Kotoran yang melekat bisa menumpuk atau menciptakan karat dan mengganggu kinerja knalpot. Jika tidak yakin bisa mencuci motor dengan bersih, Anda bisa membawanya ke tempat pencucian.

Baca Juga: Bukan Sekedar Bersih Ini Dia 9 Cara Cuci Motor Yang Benar

3. Bersihkan Karat Ketika Muncul

Seseorang sedang membersihkan motor agar tetap bersih

Jangan beri kesempatan karat untuk berkembang di knalpot. Jika Anda melihat noda-noda karat, segera gosok dengan air, sabun, dan sikat. Setelah bersih, tunggu knalpot kering sebelum Anda mengoleskan oli di leher knalpot. Jangan lupa memanaskan motor agar oli cepat meresap.

4. Basuh Air Hujan

illustrasi pengendara motor sedang kehujanan ditengah jalan

Apakah Anda habis berkendara di bawah guyuran hujan? Jika memungkinkan, parkir motor di tempat yang terlindung dari hujan dan basuh air hujan dengan air bersih dari kran. Air hujan mengandung asam yang dapat menimbulkan karat pada knalpot jika dibiarkan menempel terlalu lama.

5. Waspada Saat Modifikasi Motor

seseorang sedang melakukan modifikasi motor

Modifikasi knalpot yang kurang maksimal bisa menyebabkan knalpot bocor. Hal ini biasanya karena baut yang longgar atau komponen knalpot baru yang tidak pas ketika dipasang. Pastikan Anda menggunakan jasa modifikasi tepercaya atau menggunakan knalpot asli dengan ukuran pas.

Knalpot bocor motor Anda bisa merusak kendaraan dan memboroskan bensin jika tidak segera diatasi. Pastikan mengenali tanda-tanda serta cara merawatnya agar Anda tidak sering memperbaiki atau mengganti knalpot.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.