Rupanya Begini Cara Rawat Rantai Agar Awet, Gampang Juga!
Rupanya Begini Cara Rawat Rantai Agar Awet, Gampang Juga!

Rupanya Begini Cara Rawat Rantai Agar Awet, Gampang Juga!

1 March 2022
0 Comments

Bagaimana sih, cara merawat rantai motor biar awet? Rantai merupakan salah satu bagian terpenting dari motor. Namun, tak jarang banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara merawat bagian penting dari motor yang satu ini.

Apakah cukup dengan memberikan pelumas yang mahal? Tentu tidak, dong! Coba, deh, siapkan catatanmu dan mari kita bahas cara merawat rantai motor kamu. Yuk, simak ulasannya!

Cara Merawat Rantai Motor Biar Awet: Gak Perlu Lagi ke Bengkel!

Bagaikan pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’, banyak juga cara yang bisa kamu manfaatkan agar rantai motor kamu terawat. Cara-cara berikut ini saling terikat satu dengan yang lain. Maknanya, kamu tidak bisa hanya menerapkan salah satu cara saja dan mengabaikan cara yang lain. Dengan mengkombinasikan beberapa cara berikut, rantai motor kamu dijamin jadi lebih awet! 

1. Mulai dengan Menggunakan Spare Part Rantai yang Original

Harga yang murah memang merupakan daya tarik dari spare part rantai versi KW. Namun, siapa yang bisa memastikan bahwa kualitas rantai KW setara dengan kualitas rantai baru yang original?

Rantai ‘original’ yang dimaksud adalah rantai yang dibuat oleh pabrikan yang sama dengan pabrikan yang memproduksi sepeda motormu. Misalnya, jika motor Honda akan lebih disarankan untuk menggunakan spare part rantai buatan Honda juga. 

Harga spare part asli memang cenderung lebih mahal. Akan tetapi, anggap saja hal ini kamu lakukan sebagai bentuk ‘investasi’ jangka panjang untuk motormu. Sebab, produk rantai yang diproduksi oleh brand yang sama dengan brand motormu biasanya lebih berkualitas dibandingkan dengan produk KW.

2. Pastikan Kebersihan Rantai Terjaga

Cara merawat rantai motor selanjutnya adalah dengan memastikan kebersihan rantai. Tanpa menjaga kebersihan rantai motor, kotoran dapat mengakibatkan rantai motor kamu lebih cepat berkarat. Ujung-ujungnya, rantai motor malah jadi cepat rusak. 

Kamu perlu melakukan hal ini tak hanya di musim penghujan saja. Meskipun dampaknya tidak sebanyak lumpur atau cipratan air pada musim penghujan, tumpukan debu juga bisa mengurangi kinerja dari rantai motormu. Maka dari itu, mengetahui cara membersihkan rantai motor penting juga untuk kamu ketahui.

Membersihkan rantai motor tidak harus dilakukan setiap hari, kok. Kamu bisa membersihkan rantai motor kamu paling tidak satu bulan sekali. 

3. Setelah Dibersihkan, Lumuri Rantai dengan Pelumas yang Berkualitas

Mungkin kamu sudah tahu betul mengapa rantai perlu diberi pelumas—apalagi pelumas yang baru. Pelapisan rantai dengan pelumas ini dilakukan agar rantai dengan gir (gear) sepeda motor kamu menimbulkan friksi (gesekan) yang lebih sedikit. Dengan demikian, rantai kamu bisa lebih awet dan tidak cepat aus.

Sayangnya, setelah membersihkan rantai, sering kali pengguna motor akan melumuri rantai dengan oli bekas. Memang, sih, kamu jadi bisa memanfaatkan ‘barang lama’. Akan tetapi, hal ini sama saja dengan melumuri rantai kamu dengan oli yang sudah bercampur kotoran mesin!

Oleh karena itu, amat disarankan untuk menggunakan pelumas khusus yang cocok untuk jenis rantai yang motormu gunakan. Penggunaan pelumas pada rantai ini juga menjadi cara merawat rantai motor agar awet, lho! 

4. Pastikan juga Kebersihan Gir Terjaga

Nah, cara merawat rantai motor di atas memang lebih condong pada teknik merawat rantai langsung pada objek yang bersangkutan. Jangan lupa, ada part lain yang masih terhubung dengan rantai dan komponen ini patut kamu beri perhatian ekstra juga dalam hal merawat rantai motor, yaitu gir (gear).

Mengapa komponen ini penting? Sebab, rantai berurusan secara langsung dengan gir selama motor kamu bergerak. Kedua komponen ini (rantai dan gir) merupakan komponen yang menghubungkan roda dengan mesin. Jadi, tanpa adanya dua komponen ini, motormu tidak akan bisa bergerak. 

Bagaimana cara membersihkan gir? Simpel, kok! Kamu cukup bersihkan dengan air dan sabun, itu saja! Sama seperti rantai, kamu tidak perlu sering-sering membersihkan gir. Cukup satu bulan sekali, dan cara merawat rantai biar awet yang satu ini bisa kamu lakukan saat mencuci kendaraanmu.

Setelah dicuci, lumurkan juga oli/pelumas baru pada gigi-gigi gir yang terhubung dengan rantai. Hal ini dapat mencegah rantai dan gir dari aus. Selain itu, pelumas dapat mencegah dua komponen ini mengalami karat.

5. Gunakan Gir yang Berkualitas

Sama seperti anjuran menggunakan rantai original, kamu pun disarankan untuk menggunakan spare part gir yang memiliki brand sama dengan brand motormu. Selain itu, kamu pun disarankan untuk tidak menggunakan gir bekas—meskipun gir bekas itu sama-sama satu pabrikan.

Dewasa ini, kamu bisa melihat gir sepeda motor dengan berbagai bentuk dan warna. Nah, jika kamu ingin agar tampilan gir motormu jadi jreng, pastikan gir unik yang kamu beli tersebut memang berkualitas. 

Itulah lima cara merawat rantai motor biar awet yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Sebagai simpulan, kamu perlu memperhatikan kebersihan rantai dan gir sebagai dua komponen terkait yang menggerakkan motor. Tak hanya itu, pemilihan spare part resmi pun juga disarankan. Sebab, spare part resmi biasanya memiliki kualitas yang terjamin juga.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.