Biar Awet, Ikuti Cara Membersihkan Knalpot Motor Di Rumah
Biar Awet, Ikuti Cara Membersihkan Knalpot Motor Di Rumah

Biar Awet, Ikuti Cara Membersihkan Knalpot Motor Di Rumah

1 December 2021
0 Comments

Ada dua jenis utama pipa knalpot sepeda motor yaitu stainless-steel dan krom. Cara membersihkan knalpot motor untuk dua tipe bahan tersebut berbeda. Knalpot berbahan stainless-steel lebih tahan karat sehingga dapat dibersihkan menggunakan asam ringan. Sebaliknya, untuk knalpot berbahan krom harus lebih lembut dalam membersihkannya. Umumnya perlu direndam terlebih dahulu sebelum digosok.  

Nah, untuk membersihkan pipa knalpot sepeda motor, nyatanya bisa kamu lakukan di rumah secara mandiri. Selain lebih hemat, kamu akan lebih paham mengenai kondisi motor sendiri. Namun, pastikan untuk melakukan perawatan ini secara rutin. Pasalnya, jika knalpot tersumbat kotoran, bisa berbahaya bagi pengendara. 

Baca juga: Bukan Sekadar Bersih, Ini Dia 9 Cara Cuci Motor yang Benar

Hal-Hal yang Membuat Knalpot Kotor

Seiring jam terbang motor yang meningkat lantaran sering digunakan, polusi dari karbon yang tertumpuk, garam, panas, serta air dapat menyebabkan knalpot kotor. Akibatnya, mesin motor tidak lagi berbunyi halus. Bahkan, ada yang hingga mengeluarkan asap hitam yang mengotori udara. 

Penyebab knalpot kotor hingga berasap hitam ada beberapa. Di antaranya sistem karburator yang menyebabkan setelan antara bensin dan udara nyatanya tidak tepat yang berakibat bensin terlalu banyak masuk ke area ruang bakar. Ada pula beberapa komponen yang aus misal seal klep, torak atau piston, dan busi. Selain itu, bisa jadi koil atau sistem pengapian sudah mulai melemah atau aus. 

Tips Mudah Cara Membersihkan Knalpot Motor

Cara membersihkan knalpot motor sendiri

Ketika knalpot motor mulai tampak coklat kusam dan terasa kasar saat disentuh, inilah saatnya untuk memulai sesi pembersihan secara mendalam. Beginilah cara membersihkan knalpot motor di rumah: 

1. Gunakan Cairan Asam

Ada banyak jenis asam ringan yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna kinclong pada knalpot motor. 

Kamu dapat menggunakan pembersih toilet yang mengandung asam klorida sembilan persen atau cuka putih. Ingatlah bahwa semakin ringan asamnya, semakin banyak pengulangan perendaman yang perlu dilakukan.

Langkah pertama ialah membersihkan kotoran atau gumpalan pada knalpot. Kamu bisa merendam lap basah sebelum menggosok knalpot dengan scrub baja. Setelah permukaan bersih dan halus, oleskan cairan asam. Kamu mungkin perlu melakukan ini beberapa kali sampai warna coklat pada permukaan knalpot benar-benar hilang.

Untuk mempercepat proses pembersihan, rendam pipa dengan cairan asam selama beberapa jam. Lemparkan beberapa agitator seperti mur dan baut ke dalam pipa. Kocok pipa, bilas, dan ulangi. Agitator akan menggores permukaan bagian dalam dan menghilangkan karat di bagian dalamnya, mengembalikan ke warna semula.

Ketika kamu menggunakan cairan pembersih toilet, perlu berhati-hati dalam memilihnya. Pasalnya, ada varian cairan pembersih yang mengandung tinggi alkohol dan cukup keras yang dapat merusak pipa aluminium secara permanen. Kamu bisa memulai dengan menggunakan cairan pembersih yang lembut dan melakukan beberapa kali perendaman untuk menghindari kerusakan parah serta permanen.

Bilas sepenuhnya sisa cairan asam setelah selesai. Jika dibiarkan di dalam pipa, cairan tersebut dapat menyebabkan korosi pada logam. Gunakan handuk microfiber untuk menyeka pipa sepenuhnya. Handuk microfiber sangat cocok karena lembut sehingga tidak menggores pipa. Mereka juga sangat penyerap.

2. Manfaatkan Oli Bekas

Cara kedua, kamu bisa memanfaatkan oli bekas tidak terpakai di rumah. Pasalnya, oli dapat berfungsi merontokkan korosi yang menempel di bagian permukaan atau leher knalpot. Bahkan, ketika knalpot motor kamu sudah mulai karatan, oli bekas bisa menghilangkannya. 

Cara penggunaannya pun simpel dan mudah. Pertama, nyalakan dulu mesin motor hingga mesin terasa panas. Kemudian, oleskan oli pada bagian-bagian yang berkarat yaitu di sekitar permukaan atau leher knalpot. Selanjutnya, tunggu dan perhatikan bagaimana karat yang menempel mulai meleleh seiring dengan knalpot yang sudah mulai memanas. 

3. Gunakan Krim Hhusus yang Berfungsi untuk Membersihkan Karat

Kamu juga bisa menggunakan krim khusus yang dijual di pasaran untuk membersihkan karat knalpot. Harga yang dipatok pun relatif murah yaitu sekitar 10 ribu rupiah per bungkus untuk ukuran yang kecil. 

Cara memakainya, kamu bisa melepas knalpot dulu. Selanjutnya, gosok bagian-bagian yang berkarat memakai amplas. Ketika dirasa semua bagian sudah bersih dari karat, bilas di bawah air mengalir hingga bersih. Kemudian keringkan dan oleskan krim khusus penghilang karat. 

4. Campurkan Soda Kue dengan Perasan Air Jeruk

Soda kue selain digunakan untuk bahan-bahan pembuatan kue, juga bermanfaat untuk membersihkan karat. Bukan hanya di peralatan rumah tangga, tetapi juga di knalpot motor. 

Kandungan asam pada perasan air jeruk bermanfaat untuk menghilangkan noda-noda karat pada knalpot. 

Nah, kamu bisa mencampurkan keduanya dan mengoleskan ke bagian knalpot yang berkarat. Diamkan beberapa menit sebelum dibersihkan memakai kain lap. Selanjutnya, bilas menggunakan air. Terakhir, keringkan. 

Empat cara membersihkan knalpot motor itu bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah dengan memanfaatkan barang-barang yang ada. Tidak perlu membeli dan mengeluarkan banyak uang. Lakukan dengan rutin, knalpot akan bersih dan mesin pun tetap terjaga. 

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.