Ternyata Begitu! Ini 5 Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak
Ternyata Begitu! Ini 5 Penyebab  Mesin Mobil Mati Mendadak

Ternyata Begitu! Ini 5 Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak

1 January 2022
0 Comments

Pernah ga kamu sedang menyetir mobil, perjalananmu lancar bebas hambatan, tapi mesin mobil mati mendadak? Pengendara mobil yang ga paham masalah mesin pasti dibuat kalang kabut. Kamu sebenarnya bisa mencegah kejadian ini loh. Tapi walaupun sudah terlanjur, ada baiknya kalau kamu tahu apa yang harus dilakukan.

5 Alasan Umum Mesin Mobil Mati Mendadak

Ilustrasi sebuah mesin mobil mati mendadak

Kenapa sih mesin mobilmu bisa tiba-tiba mati tanpa tanda sebelumnya? Ada 5 hal yang umumnya jadi biang keladi kejadian ini:

1. Bahan Bakar Mobil Habis 

Mungkin alasan ini terdengar konyol, tapi banyak juga orang yang ga sadar kalau bahan bakar mobilnya sudah dalam kondisi hampir habis. Kalau sudah dalam kondisi begini, mesin mobil akan mati dengan sendirinya. Bisa jadi pengukur bahan bakar rusak jadi ga menunjukkan level yang benar makanya kamu ga tahu level bahan bakar sesungguhnya.

Baca juga: Mobil Mogok Kehabisan Bensin? Ini Solusi Menghidupkannya!

2. Ignition Switch nya Bermasalah

Ignition switch adalah bagian yang bekerja untuk starter mobil. Ketika dipakai terus-terusan, ada kemungkinan switch ini jadi aus. Karenanya, switch ga bisa mendorong sistem bahan bakar dan combustion dengan optimal. Kalau itu kejadian, mobil bisa tiba-tiba berhenti sendiri. Menyalakan ulang mobil juga akan susah dilakukan.

3. Mesin Mengalami Overheating

Overheating berarti mesin suhunya naik sampai batas ekstrem dan sistem pendingin ga bekerja optimal. Kalau kamu nekat terus menjalankan mobil, mobil akan berhenti sendiri. Dalam kasus parah, mobil juga bisa terbakar kalau diforsir kerjanya. Pahami tanda-tanda mesin overheating:

  • Kap mobil berasap
  • Mesin mengeluarkan bau bensin atau coolant
  • Berkendara jadi tidak terasa mulus lagi

4. Combustion System dan Suplai Udara Terganggu

Dua komponen mesin ini saling terkait dan kalau rusak bisa menyebabkan mesin mati total. Tanpa kedua sistem ini, mesin tidak bisa bekerja dengan optimal karena combustion system mendorong mesin untuk bekerja sementara . Suplai udara yang rata ke seluruh bagian mesin juga penting untuk mendukung kerja combustion system.

5. Alternator Listrik Tidak Berfungsi Normal

Nama lain komponen ini adalah dinamo ampere. Fungsinya adalah memberikan suplai listrik ke mesin aki mobil. Kalau alternator listrik ga bekerja optimal, aki mobil ga akan terisi. Mesin mobil bisa berhenti bekerja mendadak karena ga ada asupan listrik yang masuk padahal mobil butuh asupan ini.

Apa Yang Harus Kamu Lakukan?

Kalau kamu menghadapi permasalah mesin mobil mati mendadak maka kamu harus melakukan pengecekan terhadap mesin. Pengecekan ini perlu untuk tahu komponen apa yang bikin mobil kamu tiba-tiba berhenti. Poin di bawah ini menunjukkan bagian-bagian apa yang perlu kamu cek kondisinya:

  • Coba starter ulang mobil dengan cara biasanya
  • Taruh sebatang logam dekat dengan engine block lalu coba starter mobil, seharusnya akan muncul cahaya biru kalau mesin baik-baik aja
  • Pipa bahan bakar dilepaskan dari karburator dan kalau ada bahan bakar yang mengalir maka sistem bahan bakar normal

Kalau kamu ga paham sama sekali tentang bagian mesin mobil dan mobil tiba-tiba berhenti, jangan memperbaiki masalahnya sendiri. Semisal mobil ga mau jalan lagi meskipun sudah distarter ulang, segera panggil ahli dari bengkel terdekat. Mengotak-atik bagian mobil tanpa pengetahuan cukup bisa berbahaya.

Baca juga: Ini Sebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

Pentingnya Maintenance Untuk Mencegah Mesin Mobil Mati Mendadak

Ilustrasi sebuah mobil sedang dilakukan maintenance untuk mencegah mesin mobil mati mendadak

Sebenarnya kamu bisa loh mencegah mesin mobil mengalami hal ini sebelum kejadian. Caranya adalah dengan rajin melakukan maintenance. Cermati alasan berikut, kenapa kamu ga boleh lalai dalam melakukan maintenance mobil selain untuk mencegah kondisi ini:

1. Menjamin Keamanan Kamu dalam Berkendara

Masalah keamanan berkendara itu penting sekali. Banyak kecelakaan yang terjadi karena mobil ga sedang dalam kondisi prima waktu digunakan. Dengan melakukan maintenance rutin kamu bisa mengecek bagian-bagian mobil yang perlu penanganan seperti rem dan setir. Kalau begini kamu akan menyetir dengan hati lebih tenang.

2. Lebih Ekonomis kedepannya

Kamu mungkin malas melakukan maintenance karena mahal. Tapi kalau kamu biarin mobil dalam kondisi tidak dirawat, bisa jadi biaya yang kamu keluarkan kedepannya jauh lebih mahal lagi. Ada kasus-kasus di mana mesin mobil tiba-tiba mati ga bisa diperbaiki lagi karena ini. Kamu pun jadi kehilangan investasi saat membeli mobilmu itu.

3. Hemat Waktu

Maintenance rutin itu hanya makan waktu beberapa jam saja loh. Kamu pun cuma perlu melakukannya sekali dalam 6 bulan. Tapi kalau mobil kamu sudah rusak parah, waktu perbaikannya bisa berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Bayangkan kalau kamu tidak bisa pakai mobil selama itu.

4. Mobil tetap dalam kondisi prima

Semua orang pasti ingin mobilnya dalam kondisi prima dan ga ada masalah sama sekali. Kalau mobil selalu dijaga dalam kondisi prima, kamu bisa menggunakannya sampai bertahun-tahun lamanya dengan nyaman. Menyetir mobil yang kondisinya bagus juga terasa lebih nyaman.

Mesin mobil mati mendadak menandakan kalau ada komponen mesin kamu yang ga beres. Jangan pernah menyepelekan masalah seperti ini. Ada baiknya kalau kamu mencegah sebelum kondisi itu terjadi, yaitu dengan maintenance mobil secara rutin di bengkel yang bisa kamu percaya kualitasnya.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.