Ini Sebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter
Ini Sebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

Ini Sebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

15 January 2022
0 Comments

Pernah gak ketika sudah terlambat akan berangkat ke kantor atau harus menghadiri acara tapi tiba-tiba mobil tidak mau menyala dan kamu tidak tahu cara mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter? Pastinya merasa panik kan apalagi kalau kamu kurang paham mengenai mesin. 

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu tahu penyebabnya dulu. Berikut ini kami bagikan beberapa cara mengatasinya. Beberapa bahkan bisa kamu lakukan sendiri.

Penyebab Mobil Mendadak Tidak Mau Distarter

Ilustrasi 2 orang sedang mencoba mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mobil tidak mau menyala. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Aki

Penyebab pertama yang bisa membuat mobil tidak mau distarter adalah aki yang mulai melemah. Aki merupakan komponen penting dari mobil karena aki-lah yang menyuplai daya listrik untuk seluruh komponen mobil. Jika aki rusak, maka mobil tidak akan bisa dijalankan. Apabila disebabkan oleh aki, maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Dinamo Starter

Selain aki, dinamo starter juga menjadi komponen penting karena dia memutar mesin kendaraan untuk pertama kali. Walaupun dinamo starter jarang sekali mengalami kendala, tapi bisa membuat mobil tidak bisa jalan apabila terdapat kerusakan. Namun jika rutin melakukan servis di bengkel, kamu gak perlu khawatir mengenai kerusakan di bagian ini.

3. Busi

Selain aki dan dinamo, busi juga seringkali menjadi penyebab mobil tidak mau distarter. Biasanya busi akan bermasalah jika lama tidak diganti dan menjadi usang.

4. Koil

Kerusakan pada koil juga sering kali jadi penyebab mobil tidak mau hidup. Koil yang terlalu panas membuat mobil sulit distarter. 

5. Alternator

Alternator berfungsi menyuplai daya listrik yang diproduksi oleh aki. Jika alternator bermasalah, bahkan jika kamu mengganti aki pun, mobil tetap tidak akan menyala. Untuk mengatasi masalah pada alternator, kamu perlu datang ke tempat servis terdekat. 

Cara Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Nah untuk mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Tepikan Mobil

Kalau kendala ini terjadi saat kamu berada di jalan, segera dorong mobil ke pinggir jalan. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatanmu dan pengendara jalan yang lain. Selain itu, kamu juga lebih leluasa untuk mengecek kendala atau penyebab mobil tidak mau menyala. 

Jika mobil tiba-tiba mogok saat malam hari, pastikan menyalakan lampu hazard setelah kamu menepikan mobil. Apabila mobil masih belum bisa menyala, kamu bisa memasang segitiga pengaman sebagai tanda darurat. Taruh segitiga pengaman dengan jarak minimal tiga meter dari mobil kamu.

2. Cek Bagian Fuel Pump

Bagian fuel pump sering menjadi penyebab mobil tidak mau menyala. Karenanya, hal pertama yang perlu kamu cek adalah komponen ini. Fuel pump berfungsi mengatur bahan bakar bisa mengalir dengan lancar. Jika komponen ini berkendala atau alirannya terputus, tentu mobil tidak akan mau menyala. 

Untuk mengeceknya, cukup lihat di Multi Information Display (MID) pada layar mobil. Setelah itu, akan muncul check engine speedometer. Pada layar yang muncul, kamu bisa mengecek apakah terdapat masalah pada fuel pump atau tidak. Biasanya yang menghambat aliran pada fuel pump adalah kotoran yang menumpuk atau mesin dingin.

Baca juga: Mobil Mogok Kehabisan Bensin? Ini Solusi Menghidupkannya!

3. Ganti Busi Mobil

Jika tidak ada masalah pada fuel pump, maka kamu perlu memeriksa busi mobil. Busi mobil akan berkendala jika kondisinya kotor. Karenanya, periksa busi mobil kamu dan apabila kotoran menumpuk pada bagian ini, kamu bisa membersihkannya sendiri. Setelah bersih, busi akan berfungsi dengan baik kembali.

4. Cek Kondisi Aki

Bisa dibilang, aki menjadi jantung sebuah mobil. Karena itu, saat aki bermasalah, mobil tidak akan mau menyala. Kedua kutub pada aki juga harus dipastikan dalam keadaan bersih. Untuk membersihkannya, cukup lepas kutub positif aki dan bersihkan debu atau kotoran yang ada di dalamnya.

Setelah membersihkan katup mobil, kamu bisa memeriksa indikator panel instrumen untuk memastikan apakah mobil bisa menyala atau tidak. Jika mesin masih tidak mau menyala, maka indikator panel instrumen mengalami kerusakan. Kamu perlu menggantinya dengan aki baru. Level air pada aki juga harus sering-sering diperiksa. 

5. Lihat Kondisi Sekring

Jika aki dan busi dalam kondisi stabil tapi mesin masih tidak mau menyala, kemungkinan terjadi masalah pada sekring mobil. Sama halnya dengan aki, sekring juga memiliki kutub positif dan negatif. Kutub pada sekring dihubungkan dengan kabel penghubung. 

Apabila kabel penghubung ini memiliki kendala seperti putus, maka mobil tidak bisa distarter. Kamu cuma perlu menghubungkannya kembali. Jika tidak yakin bisa menyatukannya sendiri, kamu bisa meminta bantuan montir. 

6. Periksa Alternator dan Dinamo Starter

Kerusakan pada dua bagian ini biasanya terjadi pada mobil yang berusia lebih dari delapan tahun. Alternator yang bermasalah tidak akan bisa menyalurkan listrik dari aki. Kamu bisa tahu kalau alternator mengalami kerusakan apabila arus listrik tidak stabil dan logo aki selalu ON tapi mobil tetap tidak mau menyala.

Sedangkan dinamo starter yang bermasalah akan membuat mobil tidak mau bergerak. Untuk mengecek dua komponen ini, kamu perlu membawa mobilmu ke bengkel terdekat. 

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter. Supaya performa mobil senantiasa stabil dan bagus, melakukan pengecekan secara berkala sangatlah penting. 

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.