Panik Karena Knalpot Mobil Berasap? Berikut 5 Alasannya!
Panik Karena Knalpot  Mobil Berasap? Berikut 5 Alasannya!

Panik Karena Knalpot Mobil Berasap? Berikut 5 Alasannya!

1 July 2022
0 Comments

Bagi kamu yang memiliki mobil, sangatlah penting untuk tahu apa penyebab knalpot mobil berasap. Karena pada dasarnya, udara yang dikeluarkan dari knalpot seharusnya tidak terlihat atau pun berbau. Asap yang kasat mata biasanya mengindikasikan bahwa terjadi masalah pada mesin mobil kesayanganmu.

Tahukah kamu bahwa jenis warna asap yang keluar dari knalpot mengindikasikan masalah yang berbeda-beda? Mari kita simak bahasannya supaya kamu untuk mengantisipasi apabila mobilmu bermasalah!

Knalpot Berasap? Bahaya Gak, Ya? 

gambaran knalpot mobil mengeluarkan asap

Jangan panik apabila knalpot berasap. Meskipun seringkali asap merupakan indikasi adanya masalah pada mesin, terkadang asap yang keluar merupakan hal yang normal.

Hal yang pertama kamu bisa lakukan adalah mengidentifikasi seperti apa asap yang keluar dari knalpot. Hal ini penting dilakukan karena jenis asap yang keluar dari knalpot dapat menjadi petunjuk yang nantinya membantu teknisi dalam mengetahui apa yang terjadi dengan mesin mobil. 

Adapun pertanyaan yang bisa kamu pakai untuk mengidentifikasi asap yang keluar dari knalpot antara lain adalah: 

  • Apa warna dari asap? Putih, abu-abu, biru, atau hitam?
  • Apabila asap berwarna hitam, apakah meninggalkan bekas jelaga pada sekitar?
  • Apakah asap pekat dan tebal atau hanya selayang dan tipis? 
  • Apakah asap muncul ketika menghidupkan mobil atau ketika mobil berjalan? 
  • Apakah ada bau khas yang tercium dari asap? 

Apabila setelah menjawab pertanyaan di atas, kamu menyadari bahwa asap yang keluar dari knalpot adalah asap tipis berwarna putih, tidak memiliki bau, dan hanya terlihat saat menghidupkan mobil di pagi hari. Ada kemungkinan bahwa asap yang kamu lihat merupakan hal yang normal. 

Knalpot adalah saluran pembuangan gas pembakaran, maka temperatur dari udara yang keluar terbilang cukup tinggi. Asap yang kamu lihat ketika dihidupkan di pagi hari, kemungkinan merupakan kondensasi yang terbentuk karena perbedaan temperatur antara udara knalpot dengan udara pagi. 

Akan tetapi, apabila asap yang kamu lihat berbeda dari asap tersebut, mungkin saja itu merupakan indikasi bahwa ada masalah pada mobil. Ada baiknya kamu langsung menghubungi teknisi yang ahli agar masalah tidak berlarut-larut dan semakin parah. 

Penyebab Knalpot Mobil Berasap Paling Umum 

knalpot mobil keluar asap

1. Asap Putih Pekat: Coolant Bocor

Apabila knalpot mengeluarkan asap putih tebal tanpa bau, bisa jadi ini adalah pertanda bahwa cairan coolant bocor ke knalpot. Cairan coolant pada radiator memiliki fungsi penting dalam menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas atau dingin. Apabila coolant bocor, maka mesin mobil anda akan rawan mengalami overheating

Kemungkinan besar penyebab kebocoran cairan coolant adalah karena radiator yang sudah menurun kualitasnya. Solusi cepat untuk mencegah mesin dari mengalami overheating adalah dengan mengisi ulang cairan coolant ke dalam radiator. Akan tetapi, anda harus langsung memeriksakan mobil di bengkel dan mengganti radiator untuk mencegah hal ini terulang kembali. 

2. Asap Putih Keabuan: Fuel Injector Rusak

Fuel injector pada mobil memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar menuju combustion chamber. Apabila injector mengalami kerusakan, maka jumlah bahan bakar yang tersalur pun menjadi berkurang dan bahkan bocor. Akibatnya, terbentuklah asap pekat berwarna putih atau abu-abu muda. 

Masalah seperti ini umumnya terjadi pada mobil berbahan bakar diesel. Solusi untuk rusaknya fuel injector adalah dengan mengganti semua injektor di bengkel.

3. Asap Abu-Abu: Vacuum Modulator atau Valve Rusak 

Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas dan pembersih mesin mobil.  Fungsi pelumas pada oli berguna untuk untuk mengurangi gesekan antar mesin sehingga mobil bisa bekerja dengan baik dan efisien. Apabila vacuum modulator atau valve rusak, oli dapat terhisap masuk ke dalam mesin dan ikut terbakar. Akibatnya terbentuklah asap abu-abu kehitaman. 

4. Asap Abu-Abu Sampai Hitam: Pembakaran Tidak Sempurna

Pada prinsip dasar sebuah mesin, ketika terjadi pembakaran tidak sempurna pada sebuah mesin, maka terbentuklah asap abu-abu sampai hitam. Ada banyak hal yang menyebabkan pembakaran pada mesin mobil menjadi tidak sempurna, karena itu asap abu-abu hitam seringkali langsung dikaitkan dengan kerusakan pada mesin mobil secara umum. Adapun penyebab knalpot mobil berasap abu-abu sampai kehitaman biasanya karena:

  • Automatic transmission fluid tidak pernah diganti
  • PCV valve yang tersangkut
  • Vacuum modulator rusak
  • Penggunaan oli berlebih
  • Kerusakan pada turbocharger

5. Asap Berwarna Biru: Kerusakan Kompleks

Asap berwarna biru merupakan indikasi bahwa terjadi kombinasi kerusakan kompleks pada mobil seperti oli ikut terbakar dalam mesin serta turbocharger yang rusak. Masalah ini sering terjadi pada mobil tua atau mobil yang jarang melakukan servis rutin. Karena itu sangatlah penting untuk rutin mengganti oli mobil serta melakukan pemeriksaan lainnya. 

Segera service mobil anda apabila knalpot mengeluarkan asap berwarna biru karena asap ini merupakan pertanda kerusakan yang ekstensif dan rumit. Apabila tidak ditangani dengan cepat, kerusakan pada mobil akan menjadi lebih parah dan biaya yang kamu keluarkan untuk service pun menjadi sangat mahal.

Demikian adalah penyebab knalpot mobil berasap yang paling umum terjadi. Karena hal-hal yang menjadi penyebab asap adalah masalah pada mesin yang tidak bisa diselesaikan sendiri di rumah, ada baiknya untuk mencegah langsung sedari awal. Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan mobil di bengkel. 

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.