4 Tips Super Gampang Dempul Mobil Baret Agar Terlihat Baru
4 Tips Super Gampang Dempul Mobil Baret Agar Terlihat Baru

4 Tips Super Gampang Dempul Mobil Baret Agar Terlihat Baru

1 June 2022
0 Comments

Bete banget gak, sih, kalau ada gores pada mobil kesayangan? Bukan hanya merusak estetik dari mobil, goresan yang ada bisa membuat lapisan logam pada mobil jadi berkarat kalau tidak dihilangkan cepat.  Yuk, cari tahu lebih dalam tentang cara dempul mobil baret supaya bisa langsung kamu aplikasikan di rumah! 

Apakah Semua Baret Bisa Di Dempul?

Sebelum bahas tips ketika mendempul baret pada mobil, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis baret yang ada pada mobil. Berdasarkan lapisan yang tergores, baret pada mobil terbagi ke dalam tiga kategori yaitu baret pada clear coat, base coat, dan primer.

Clear coat adalah lapisan terluar dari mobil yang melindungi dari paparan dari lingkungan seperti sinar matahari, debu, atau hujan asam. Baret pada bagian ini merupakan baret yang paling mudah untuk dihilangkan.

Base coat adalah lapisan kedua pada cat mobil berfungsi untuk membuat permukaan mobil menjadi lebih halus dan cemerlang. Apabila mobil kamu tergores sampai lapisan ini, maka kamu harus cepat menghilangkan baret tersebut karena semakin lama dibiarkan dapat berujung kepada karatan.

Primer adalah lapisan cat paling dasar pada mobil yang secara langsung melapisi bagian logam dari body mobil. Gores pada bagian ini kemungkinan besar disebabkan karena benda tajam, batu, atau karena kecelakaan besar. Untuk baret seperti ini, tindakan yang paling baik dilakukan adalah mengecat ulang keseluruhan bodi mobil untuk mencegah karatan.

Cara Dempul Mobil Baret

1. Mengaplikasikan Dempul Kaca Pada Baret

glazzing  putty Dempul Mobil Baret

Cara dempul mobil baret yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan memilih dempul yang tepat. Jenis dempul yang paling umum digunakan adalah glazing putty atau dikenal juga sebagai dempul kaca. Kamu bisa dapatkan dempul ini dengan mudah di bengkel-bengkel mobil. Jenis dempul ini adalah salah satu jenis yang sering digunakan untuk menghilangkan baret. Selain memiliki perlindungan yang baik, dempul kaca juga lumayan kuat menempel pada lapisan cat pada mobil. 

Untuk menggunakan dempul kaca, hal yang pertama-tama kamu harus lakukan adalah membersihkan bagian baret menggunakan alkohol. Cara ini berguna untuk membersihkan kotoran serta lapisan cat yang terkelupas. Gunakan kain lap microfiber saat membersihkan baret supaya tidak memperparah goresan. 

Kemudian, langsung aplikasikan dempul pada baret di mobil. Pastikan bahwa jumlah dempul yang diaplikasikan tidak berlebihan atau kurang karena akan dapat mempengaruhi tekstur mobil di akhir nanti.

Gunakan skrap atau alat penyebar dempul untuk menyebarkan lapisan dempul ke seluruh lapisan baret. Gunakan tekanan yang kuat supaya dempul bisa melapisi baret dengan merata. Kamu bisa dapatkan alat ini bersama saat membeli dempul. Setelahnya, biarkan dempul mengering dalam dua sampai tiga menit.

2. Meratakan Dempul dengan Paint Leveler

seseorang sedang melakukan perbaikan pengecatan pada body mobil

Hasil dempul yang rapi adalah yang tampak merata dan tidak terlihat beda dengan lapisan cat mobil secara keseluruhan. Oleh karena itu, cara dempul baret pada mobil tidak hanya berhenti setelah mengaplikasikan dempul. 

Karena dempul pada dasarnya adalah lapisan tambahan untuk menutupi baret, maka hasil akhirnya biasanya akan lebih tebal atau menonjol dibanding seluruh permukaan mobil. Kamu bisa menyiasati ini dengan menggunakan paint leveler yang berguna untuk menipiskan tekstur tebal pada baret yang sudah di dempul sehingga menjadi lebih rata. Gunakan kain lap microfiber untuk mengaplikasikan paint leveler pada goresan yang sudah di dempul kemudian biarkan sampai kering. 

3. Gunakan Repair Kit untuk Touch-Up

repair kit pada dempul mobil baret

Langkah berikutnya adalah mengecat goresan yang sudah dilapisi dempul. Untuk baret yang terhitung ringan, kamu bisa mengecat bagian goresan yang ter dempul sendiri. Kamu bisa dapatkan repair kit yang sudah termasuk dengan cat mobil di bengkel-bengkel terdekat. Ketika membeli repair kit, pastikan bahwa warna cat yang dibeli sama dengan warna mobil kamu supaya hasil akhirnya tidak terlihat belang. 

4. Pakai Kuas Berbulu Halus Untuk Hasil Yang Rata

kuas bulu untuk meratakan dempul mobil baret

Ketika touch-up lapisan baret dengan cat, pastikan bahwa kamu menggunakan kuas berbulu halus. Kuas jenis ini tidak akan meninggalkan tekstur sehingga warna di hasil akhirnya menjadi lebih rata. Biasanya kuas seperti ini disediakan bersama dengan repair kit, tetapi kamu tetap bisa dapatkan kuas khusus pada toko peralatan otomotif atau bengkel.

Lapis bagian baret yang sudah di dempul secara hati-hati sampai sempurna tertutupi. Kemudian tunggu cat sampai kering selama kurang lebih 8 sampai 12 jam. Begitu cat sudah sepenuhnya kering, kamu bisa lapisi dengan wax mobil untuk finishing yang lebih sempurna.

Itu tadi adalah bagaimana cara dempul mobil baret yang bisa kamu lakukan sendiri. Perlu diingat bahwa semakin besar baretnya, maka semakin sulit juga untuk pengerjaannya. Apabila baret tergolong parah dan dalam, ada baiknya untuk membayar seorang profesional untuk mendempul mobil supaya hasilnya lebih mulus.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.