Kaca Mobil Baret? Begini Cara Mudah Menghilangkannya!
Kaca Mobil Baret? Begini Cara Mudah Menghilangkannya!

Kaca Mobil Baret? Begini Cara Mudah Menghilangkannya!

15 May 2022
0 Comments

Penting banget buat kamu untuk tahu cara membersihkan kaca mobil baret karena kalau terlalu lama dibiarkan, bisa-bisa baret yang ada akan menjadi semakin melebar. 

Kamu tau gak, sih, kalau sebenarnya membersihkan baret pada kaca mobil dapat itu sebetulnya sangat mudah? Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak bahasannya!

Hal Yang Wajib Dicek Kalau Kaca Mobil Baret 

Jangan panik ketika kamu menemukan baret pada kaca mobil karena bisa saja baret tersebut bisa dihilangkan sendiri tanpa harus repot-repot pergi ke bengkel. 

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menentukan separah apa baret yang ada. Kamu bisa melakukannya dengan merasakan baret dengan ujung jari. Baret yang ringan akan tidak terlalu terasa lekukannya di ujung jari. Biasanya penyebab baret ini adalah karena gesekan dari wiper atau karena kamu terlalu kasar saat mengelap kaca. Apabila baret di kaca mobilmu kurang lebih seperti demikian, kamu masih bisa menghilangkannya sendiri. 

Akan tetapi, apabila baret pada kaca mobilmu cukup dalam dan terlihat jelas retakannya, ada baiknya bagi kamu untuk langsung menyerahkan masalah ini kepada ahlinya di bengkel. Kemungkinan besar solusi yang ditawarkan adalah dengan mengganti kaca mobil. 

Cara Membersihkan Kaca Mobil Baret 

1. Menggunakan Soda Kue

Selain berguna untuk mengembangkan adonan kue, ternyata soda kue juga dapat jadi salah satu cara membersihkan kaca mobil baret, loh! 

Sebelum menggunakannya, bersihkan dahulu kaca mobil yang baretnya ingin dihilangkan menggunakan kain bersih dan air hangat. Pastikan bahwa kain yang dipakai cukup lembut sehingga tidak akan memperparah baret. 

Kemudian, kamu bisa langsung campurkan soda kue dengan air sampai terbentuk campuran dengan konsistensi seperti pasta. Pastikan bahwa serbuk-serbuk soda kue sudah sepenuhnya larut sehingga tidak mengandung partikel kasar yang dapat memperparah baret. Setelah selesai membuat campuran, kamu bisa lapisi jari kamu dengan kain tipis kemudian celupkan pada campuran pasta yang baru saja dibuat. Oleskan pasta pada sepanjang baret dengan gerakan melingkar. Lakukan terus selama 30 detik sampai satu menit. Bilas kaca mobil dengan air hangat. Tada! Baret pada kaca mobilmu sekarang sudah tak terlihat sama sekali.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Kamu tidak punya soda kue di rumah? Kalau begitu pakai pasta gigi saja sebagai penggantinya! Banyak orang tidak tahu bahwa pasta gigi memiliki kandungan soda kue di dalamnya. Hal ini dikarenakan bahan tersebut berguna dalam memutihkan warna gigi. 

Sama seperti saat menggunakan soda kue, bersihkan kaca mobil terlebih dahulu menggunakan kain bersih dan air hangat. 

Lapisi jarimu dengan kain tipis, kemudian keluarkan pasta gigi ke ujung jari secukupnya. Pastikan bahwa pasta gigi yang digunakan merupakan pasta gigi non-gel berwarna putih yang berlabel “whitening” karena pasta jenis ini memiliki kandungan soda kue yang lebih tinggi dibanding jenis lainnya. Usap baret dengan pasta gigi dengan gerakan melingkar selama 30 detik kemudian bersihkan agar kamu bisa lihat apakah baret memudar atau tidak.

Karena kandungan soda kue pada pasta gigi lebih rendah daripada campuran air dan soda kue, kamu mungkin harus beberapa kali melakukan cara ini terlebih dahulu sampai terlihat hasilnya. 

Hati-hatilah saat mengusap baret supaya baret tidak semakin parah. Selalu gunakan kain yang sudah dibasahi air hangat apabila hendak membilas kaca. 

3. Menggunakan Kuteks Bening

Cara membersihkan kaca baret mobil yang satu ini akan membutuhkan kuteks bening beserta aplikatornya, aseton atau nail polish remover, dan korek kuping atau cotton bud

Sebelum menggunakan kuteks, pastikan bahwa kaca mobil telah dibersihkan dan bebas dari debu. Kemudian, celupkan aplikator pada kuteks dan lapisi bagian baret menggunakan kuteks. Lapisi tipis-tipis sampai kamu yakin bahwa cairan kuteks benar-benar melapisi seluruh baret. Tunggu satu jam sampai kuteks sepenuhnya kering. Cairan kuteks akan menelusup masuk ke dalam lekukan baret sehingga kaca kembali terlihat seperti baru. Jangan coba-coba untuk mencolek bagian kuteks yang belum kering karena nanti sidik jarimu malah membekas pada lapisan kaca. 

Setelah sepenuhnya kering, kamu bisa cek kembali apakah baret sudah sepenuhnya terlapisi oleh kuteks. Kalau belum, aplikasikan kembali kuteks ke atas baret yang belum tertutup. Kalau sudah, celupkan cotton bud pada aseton atau nail polish remover untuk meratakan tekstur kaca yang terlapis oleh kuteks. Kini baret di kaca mobil kamu sudah hilang dan kembali terlihat seperti semula!

Nah, itu tadi adalah cara membersihkan kaca mobil baret yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu tidak perlu repot-repot menggunakan bahan yang mahal dan sulit dicari. Mudah, bukan? 

Akan tetapi, tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Jagalah terus kondisi kaca mobilmu dengan cara rajin membersihkannya supaya terhindar dari baret-baret yang tidak diinginkan.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.