Tips Supaya Rem Mobil Pakem dan Ketahui Penyebabnya
Tips Supaya Rem Mobil Pakem dan Ketahui Penyebabnya

Tips Supaya Rem Mobil Pakem dan Ketahui Penyebabnya

15 February 2022
0 Comments

Mobil memiliki banyak bagian atau komponen dengan fungsi berbeda-beda. Dari banyak bagian dari kendaraan roda empat, rem menjadi komponen yang sangat penting karena rem mobil menentukan keselamatan pengendara saat di jalan. Penyebab rem mobil kurang pakem dapat menimbulkan beberapa kecelakaan mulai dari ringan hingga berat.

Nah, untuk menghindari hal serupa, kamu perlu tahu penyebab rem keras dan tips supaya rem mobil pakem.

Penyebab Rem Kurang Pakem

Ilustrasi beberapa penyebab rem kurang pakem

Ada beberapa hal yang menyebabkan rem mobil tidak pakem. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Minyak Rem

Secara umum, penyebab rem mobil kurang pakem disebabkan kurangnya perawatan. Jika mobil kamu tidak berhenti bahkan saat kamu sudah menginjak pedal rem, maka segera periksa minyak rem. 

Bisa jadi, minyak rem yang seharusnya keluar dari nipple tersumbat akibat kotoran yang menumpuk pada mesin. Saat kotoran yang menyumbat nipple rem dibersihkan, minyak rem bisa keluar kembali dengan normal.

2. Booster Rem

Selain minyak rem, booster rem juga bisa menyebabkan rem keras. Jika terdapat masalah pada booster rem, maka rem akan terasa sangat keras saat diinjak. Kamu harus mengecek booster rem segera dan membersihkan kotoran di komponen ini.

3. Kanvas Rem

Penyebab selanjutnya adalah menipisnya kanvas rem. Kanvas rem yang menipis tidak akan membuat rem mobil tidak berfungsi tapi membuatnya kurang pakem. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus mengganti kanvas rem dengan yang baru.

4. Selang Vakum

Selang vakum yang bocor juga memicu rem keras. Kamu bisa mendeteksi masalah ini apabila menemukan rembesan minyak rem di beberapa titik saat mobil terparkir. 

Karenanya, cukup mudah mendeteksi apabila ada kebocoran pada selang vakum. Kamu juga perlu mengecek daerah sekitar master rem untuk memastikan apakah ada kebocoran di sana juga. 

Mengatasi Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

Ilustrasi cara mengatasi penyebab rem kurang pakem

Jika menemukan masalah pada rem, jangan menunda untuk segera memeriksanya. Apabila kamu tidak paham tentang mesin, sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel terdekat. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada rem adalah:

1. Mengganti Booster Rem

Ganti booster rem dengan yang baru karena mempertahankan booster rem yang rusak bisa mengakibatkan sistem pengereman secara keseluruhan tidak akan mampu bekerja secara maksimal. Jika dibiarkan, kerusakan bisa menjalar ke bagian lain. 

2. Mengganti Selang yang Bocor

Kamu juga perlu mengganti selang vakum yang bocor. Namun sebelumnya, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah untuk memastikan apakah selam vakum mobilmu bocor atau tidak.

Pertama, hidupkan mobil kemudian buka kap. Kedua, cabut selang vakum yang menancap pada booster dan tutup dengan jari. Jika kamu merasakan daya hisap atau tekanan pada jari yang kamu gunakan untuk menutup selang, berarti, tidak ada kebocoran. Namun, jika kamu tidak merasakan tekanan, sudah pasti selang vakum tadi mengalami kebocoran.

3. Mengganti Kampas

Apabila kampas rem habis, rem mobil tidak akan nyaman saat digunakan. Mempertahankan kampas rem yang sudah aus malah akan menimbulkan kerusakan lain pada sistem pengereman mobil. Karenanya, ganti kampas rem yang sudah habis dengan yang baru. 

4. Mengisi Minyak Rem

Apabila masalah rem mobil kurang pakem disebabkan minyak rem yang menipis, maka segera isi ulang minyak rem. Kamu juga bisa mengganti secara total minyak rem yang lama dengan yang baru. Sebelum menggunakan mobil setelah mengganti seluruh minyak rem, terlebih dahulu lakukan bleeding agar minyak mengalir secara sempurna dan optimal. 

Bagaimana Mengecek Rem Mobil yang Keras?

Ilustrasi seorang montir sedang melakukan pengecekan serta perbaikan pada rem mobil yang keras

Apabila rem mobil sudah terasa keras saat diinjak, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah ada yang salah.

1. Matikan mesin mobil kemudian injak dan lepaskan pedal rem secara berulang. Hal ini untuk mengecek posisi pedal rem. Setelahnya, biarkan kaki tetap menginjak rem.  

2. Selanjutnya, hidupkan mesin dan coba pedal rem. Apabila kamu merasakan sesuatu yang tidak nyaman atau ada getaran maupun bunyi tidak wajar, bisa jadi permukaan disk brake mobilmu perlu perbaikan. 

3. Berikutnya adalah indikasi adanya masalah pada kaliper. Salah satu tanda bahwa ada kerusakan pada kaliper apabila kamu mencium bau hangus saat menginjak pedal rem. Jika hal ini terjadi, segera periksakan kaliper mobilmu. 

Nah, sudah tahu kan apa saja yang bisa menjadi penyebab rem mobil kurang pakem dan bagaimana cara mengatasinya? Karena rem merupakan bagian penting dalam kendaraan, pemeriksaan secara berkala sangatlah penting. Apabila kamu menunda melakukan servis mobil, kemungkinan masalah-masalah lain akan muncul dan hal tersebut malah akan membuat biaya perbaikan mobil semakin mahal. 

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.