Ini Cara Ngirit Bensin Mobil Matic: Hemat Bensin, Hemat Duit!
Ini Cara Ngirit Bensin Mobil Matic: Hemat Bensin, Hemat Duit!

Ini Cara Ngirit Bensin Mobil Matic: Hemat Bensin, Hemat Duit!

15 April 2022
0 Comments

Sama dengan motor matic, mobil matic menawarkan kenyamanan dalam berkendara yang tidak dimiliki mobil bertransmisi manual. Meski demikian, tidak ada hal yang sempurna di dunia ini. Kenyamanan dalam berkendara yang ditawarkan mobil matic harus diganjar dengan bensin yang cepat habis. Lantas, bagaimana cara menghemat bensin mobil matic?

Tak perlu risau, kamu bisa cek artikel ini. Ada 5+ trik yang bisa kamu gunakan supaya bensin mobil matic kamu lebih hemat. Antibokek walau jalan-jalan terus!

5+ Cara Menghemat Bensin Mobil Matic

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bensin mobil matic kamu. Ternyata, tidak susah, kok!

1. Usahakan Tidak Membawa Beban Berlebih

Ternyata, tenaga yang harus dikeluarkan mesin dipengaruhi juga dengan beban yang diangkut mobil. Jika mobil kamu membawa beban berlebihan, maka kerja mesin akan makin berat.

Hal ini akan berpengaruh pada proses combustion yang harus dilakukan untuk menghasilkan energi yang dapat menggerakkan mobil. Nah, kalau proses pembakaran lebih banyak, maka bahan bakar yang diperlukan pun juga jadi lebih banyak. Jadi tidak bisa hemat, kan?

2. Jangan ‘Gaspol’ Terburu-Buru

Menahan diri untuk tidak ‘gaspol’ saat mesin baru mulai jalan juga menjadi salah satu cara menghemat BBM mobil matic. Hal ini perlu dilakukan karena energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil dari posisi diam jauh lebih besar kalau kamu langsung melaju dengan kencang. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan percepatan secara bertahap. Hal ini berlaku juga pada saat kamu mau berhenti. Jadi, rem mendadak juga tidak disarankan jika kamu mau menghemat bensin mobil matic kamu. 

3. Mengatur Kecepatan agar Konstan

Mengatur laju mobil agar konstan mungkin agak sedikit susah. Maka dari itu, paling tidak kamu perlu mengatur agar kecepatan mobil kamu tidak naik turun terlalu drastis. Hal ini menjadi kunci dari keberhasilan ngirit bahan bakar kalau kamu menggunakan mobil matic. 

Alasannya sama dengan poin sebelumnya. Lonjakan kebutuhan energi yang tiba-tiba berarti membutuhkan energi dari proses combustion yang besar juga. Akibatnya, mobil kamu harus membakar bensin lebih banyak lagi. Hal inilah yang membuat ngirit bensin jadi susah.

4. Katakan Tidak Pada Idling yang Terlalu Lama

Apa itu idling? Singkatnya, idling merupakan istilah yang digunakan saat mobil kamu diam, tetapi kondisi mesin masih tetap nyala. 

Misalnya, kamu perlu membeli minuman di minimarket. Jika kamu ingin duduk-duduk santai dulu sebelum nyetir lagi, akan lebih baik untuk mematikan mesin mobilmu. Hal ini bisa menjadi cara menghemat bensin mobil transmisi matic yang terkesan remeh, tetapi cukup efektif.

Lain halnya jika kamu hanya beli sebotol air dan langsung kembali ke mobil. Kalau kondisinya demikian, kamu boleh-boleh aja tidak mematikan mesin mobil. Sebab, bahan bakar yang dibutuhkan untuk start mobil bisa lebih besar dibandingkan dengan total bahan bakar yang digunakan ketika idling.

5. Atur Penggunaan AC Secukupnya

Jika kamu sudah bertekad ingin ngirit bensin mobil matic mu, maka penggunaan AC juga perlu ditekan. Sebab, penggunaan AC dalam kondisi full (suhu paling rendah/paling dingin) mengakibatkan mesin mobil dituntut untuk bekerja lebih keras. Sebagai dampaknya, bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Memang hal ini cukup susah dilakukan jika suhu udara sedang panas-panasnya. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa menyiasati hal ini. 

Pertama, kamu bisa manfaatkan ‘AC alami’ alias angin yang berasal dari luar jendela. Namun, jika angin malah membuat kamu makin gerah, oke-oke saja menyalakan AC sampai suhu terdingin. Lalu, naikkan suhunya jika kabin mobil terasa sudah cukup sejuk. Jangan lupa untuk menutup jendela agar AC bisa bekerja lebih efektif, ya!

6. Gunakan Blower Paling Rendah

Masih berkaitan dengan AC, cara menghemat bensin pada mobil matic yang satu ini bisa kamu lakukan untuk membuat suhu mobilmu jadi cepat dingin. Meski tak berkaitan langsung dengan penggunaan bahan bakar, dengan mempercepat pendinginan suhu kabin mobil, maka kamu bisa menaikkan suhu AC agar mesin tidak perlu membakar lebih banyak bahan bakar lagi.

7. Jaga agar RPM Tetap Stabil

RPM (Revolutions per Minute) merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan seberapa cepat perputaran mesin. Sesuai namanya, perputaran mesin ini akan dihitung dengan acuan waktu menit. 

Nah, mengapa RPM mesin mobil matic harus diusahakan agar tetap konstan? Putaran mesin yang makin tinggi membutuhkan kinerja mesin yang lebih tinggi pula, dan inilah yang menyebabkan mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar. 

Oleh karena itu, usahakan agar RPM mesin mobil berada pada rentang 2.000-2.500 RPM. Apabila kamu masih ingin ngebut, usahakan agar tidak melebihi 3.000 RPM. 

Bagaimana cara agar RPM tetap stabil? Pada mobil matic, RPM yang konstan bisa kamu dapatkan dengan menginjak pedal gas mobil secara konstan juga. Maksudnya, hindari menginjak pedal gas secara ‘labil’ dan agresif.Nah, itulah beberapa cara menghemat bensin mobil matic yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu dalam menghemat bahan bakar, ya!

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.