Ingin Menguras Tangki Bensin Mobil? Begini Caranya, Simpel!
Ingin Menguras Tangki Bensin Mobil? Begini Caranya, Simpel!

Ingin Menguras Tangki Bensin Mobil? Begini Caranya, Simpel!

1 April 2022
0 Comments

Pernah mengalami tarikan mesin berat? Tarikan mesin yang berat bisa jadi alasan mengapa kamu harus tahu cara membersihkan tangki bensin mobil. Sebab, tarikan mesin yang berat bisa saja disebabkan oleh adanya kotoran yang menumpuk di dalam tangki mobil. 

Membersihkan tangki mobil merupakan salah satu hal yang penting diketahui meski tidak wajib untuk para pengguna mobil. Sebab, kamu bisa dengan mudah pergi ke bengkel untuk menguras tangki bensin. Akan tetapi, jika kamu terkendala biaya, kamu bisa kok, coba cara berikut ini!

Mengapa, Sih, Harus Bersihkan Tangki Bensin Mobil?

Tangki bensin mobil sering kali jadi komponen mobil yang kurang mendapatkan perhatian dari kita. Padahal, tangki bensin juga perlu dirawat. Sebab, jika tangki bensin kotor, performa mobil juga bisa terpengaruh. Bahkan mobil bisa mogok karena tangki bensin yang kotor, lho!

Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena bensin yang kita beli tidak selalu berada dalam kondisi yang bersih. Selain itu, korosi pada dinding tangki mobil juga dapat menyebabkan adanya kotoran pada tangki bensin. 

Faktor lain yang berpengaruh adalah jenis bahan bakar yang dipakai. Misalnya saja, mobil dengan bahan bakar solar memiliki risiko lebih tinggi mengalami endapan pada tangkinya. 

Jika dibiarkan berlanjut, kotoran-kotoran ini dapat menyumbat filter bensin. Hal inilah yang dapat berdampak pada menurunnya asupan bensin untuk ruang bakar mobil. Karena ‘kurang asupan bahan bakar’, ujung-ujungnya mobil kamu bisa mogok!

Meski demikian, beberapa ahli mengatakan bahwa menguras tangki bensin ini tidak perlu dilakukan sering-sering. Sebagai acuan, pengguna mobil disarankan untuk melakukan pengurasan tangki bensin tiap 50.000 km. 

Nah, cara membersihkan tangki bensin pada mobil berikut bisa kamu gunakan sebagai cara awal untuk menguras isi tangki bensin kamu. Meski tidak sekomprehensif dibandingkan dengan teknik yang dilakukan di bengkel, setidaknya kamu bisa mengurangi jumlah kotoran yang mengendap di tangki bensin.

Step-by-Step Cara Membersihkan Tangki Bensin Mobil

Berikut adalah prosedur membersihkan tangki bensin mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, kok!

1. Alat yang Perlu Kamu Siapkan:

  • kunci ring dengan ukuran yang sesuai (bisa menggunakan kunci ring nomor 17),
  • wadah untuk menampung bensin yang tersisa,
  • pompa penyedot bensin (opsional)
  • alas untuk bekerja, bisa berupa kardus atau karung

2. Prosedur

Cara membersihkan tangki bensin yang mudah adalah sebagai berikut.

  • Pastikan mobil dalam keadaan tidak menyala. Selain itu, ketahui terlebih dulu sisa bensin yang ada pada tangki. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menyediakan jenis wadah yang dibutuhkan untuk menampung bensinmu.
  • Lalu, temukan lokasi tangki mobil yang ada di bagian bawah mobil. Biasanya, tangki bensin berada di dekat ban belakang sebelah kanan. Temukan juga baut yang berfungsi untuk menutup lubang tangki.
  • Nah, kalau kamu sudah menemukan posisi baut tersebut, gunakan kunci ring untuk memutar baut tersebut. Kamu cukup longgarkan baut tersebut, lalu siapkan wadah untuk menampung bensin yang akan keluar.
  • Setelah wadah penampungan ready, putar baut hingga baut terlepas dari tangki (bisa dengan menggunakan tangan agar lebih mudah). Bensin akan keluar dari tangki.
  • Jika aliran bensin tidak lancar, coba buka penutup tangki bensin yang ada di sisi bodi mobil.
  • Setelah bensin selesai ditampung, kamu bisa menutup lagi lubang tangki dengan baut. Lalu, kencangkan dengan menggunakan kunci ring yang sebelumnya kamu gunakan untuk membuka baut tersebut.

Selain menggunakan cara membersihkan tangki BBM mobil di atas, kamu juga bisa mengeluarkan bensin dari tangki menggunakan selang dan pompa penyedot bensin. 

Cara membersihkan tangki bensin melalui prosedur ini adalah sebagai berikut:

  • Buka tutup tangki bensin yang berada pada sisi samping bodi mobil.
  • Lalu, masukkan selang pompa ke dalam tangki bensin. Langkah yang satu ini akan lebih mudah dilakukan pada mobil-mobil yang lebih tua. Sebab, mobil keluaran terbaru biasanya memiliki layar atau bola logam yang dapat mencegah keluarnya bensin pada saat terjadi kecelakaan. 
  • Lalu, siapkan wadah untuk menampung bensin dan gunakan pompa untuk mengeluarkan bensin.
  • Jika sudah dirasa cukup, kamu bisa mengeluarkan selang dari tangki.

Meski terlihat lebih mudah, prosedur mengeluarkan bensin dari tangki dengan menggunakan pompa ini tidak menjamin dapat mengeluarkan endapan-endapan dalam jumlah banyak. Malahan, teknik yang dijelaskan sebelumnya bisa dengan lebih efektif mengeluarkan endapan pada tangki bensin. 

Oleh karena itu, cara membersihkan tangki BBM mobil yang dijelaskan sebelumnya lebih disarankan untuk dilakukan karena efektivitasnya. 

Walaupun demikian, kamu perlu tahu bahwa baut tangki bensin tersebut tidak sebaiknya dibuka terlalu sering. Pasalnya, baut yang longgar karena terlalu sering dibuka bisa mengakibatkan tangki bensin mobil kamu bocor.Nah, itulah dua cara membersihkan tangki bensin mobil yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Siap mencoba cara-cara tersebut? Cara manapun yang kamu gunakan, akan lebih baik jika kamu tidak terlalu sering melakukan prosedur ini, kecuali jika ada sebab-sebab tertentu.

Add a comment

Your email address will not be published.

Copyright © 2021. All rights reserved.