Tangguh Di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Mobil Offroad Terbaik
Tangguh Di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Mobil Offroad Terbaik

Tangguh Di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Mobil Offroad Terbaik

6 May 2021
0 Comments

Dikenal luas di kalangan pecinta olahraga ekstrem, mobil offroad memang memiliki berbagai daya tarik. Selain karena tampilan gaharnya, mobil satu ini juga andal menerjang berbagai medan. Tak heran jika banyak orang yang tinggal di daerah pegunungan maupun perbukitan menggunakannya sebagai transportasi utama.

Dari segi visual, mobil jenis offroad berbeda dengan kendaraan roda empat biasa. Bagian paling menonjol adalah ban yang besar dengan tapak dalam. Karena dirancang untuk melewati permukaan jalan yang curam dan sulit ditembus, mobil ini juga memiliki mesin yang powerful.

Baca juga: Mau Buka Bisnis? Simak Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik Ini!

Rekomendasi Mobil Offroad Terbaik 4X4

Penggemar mobil bertipe offroad tentu sudah tidak asing dengan istilah 4×4 atau 4WD (Four-Wheels Drive). Sistem penggerak empat roda ini memang biasa disematkan pada kendaraan-kendaraan offroad. Inilah yang membuatnya mampu melintasi berbagai permukaan jalanan sekaligus sensitif pada tarikan gas termasuk ketika melewati jalanan beraspal mulus.

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil bertipe offroad 4WD, simak beberapa rekomendasi terbaik berikut ini!

1. Toyota Tacoma TRD Pro


Mobil besutan Jepang yang sudah lama dikenal karena ketangguhannya melibas jalanan terjal ini memiliki model pick up double cabin. Dukungan ban berukuran 30,5 inci dengan berbagai fitur lengkap seperti multi-terrain select, crawl control hingga hill start assist control yang akan membuat mobil tetap stabil meski melintasi area berbatu. Mobil dengan suara mesin garang ini bisa Anda dapatkan pada kisaran harga Rp 500 jutaan.

2. Land Rover Discovery SVX


Hampir tidak ada pencinta mobil jenis offroad yang tak kenal dengan merek Land Rover. Mobil Land Rover Discovery SVX yang memadukan kemewahan gaya elit dengan ketangguhan performa ini dikenal tahan banting karena body-nya sudah dibalut dengan material terbaik.

Berbagai fitur seperti lampu LED yang disematkan di bagian atap membuat mobil ini cocok dipakai untuk menjelajahi daerah hutan yang minim cahaya. Untuk versi terbaru, unitnya menggendong mesin V6 3.0 L Supercharger dengan 4 silinder. Anda bisa membeli unit barunya dengan harga mulai dari Rp 2,4 miliar.

3. Jeep Grand Cherokee Trailhawk


Bicara offroad 4×4 rasanya tidak akan lengkap tanpa merek Jeep. Mobil yang memiliki suspensi depan dan belakang independen sehingga stabil di berbagai medan. Tidak hanya itu, dukungan interior mewah dengan sunroof akan membuat perjalanan offroad Anda jadi semakin seru dan menyenangkan.

Varian ini sudah ditenagai dengan mesin petrol 2.360 cc berkonfigurasi 4 silinder satu garis. Tersedia dalam 9 pilihan warna, Anda bisa memboyongnya pulang dengan membayar harga mulai dari Rp 1,63 miliar saja.

4. Toyota 4Runner TRD Pro


Mobil satu ini memang sudah dikenal luas di kalangan pecinta offroad sejak mengaspal pertama kali pada tahun 1984 silam. Sejak saat ini, Toyota 4Runner TRD Pro sudah mengalami perubahan baik dari segi desain maupun spesifikasi mesin sebanyak 5 generasi.

Unitnya sudah dilengkapi dengan mesin tipe V6 4.0 L dengan automatic transmission 5-speed. Perpaduannya membuat mobil mampu mengeluarkan 270 tenaga kuda. Mobil ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp 500 jutaan.

5. Renault Duster


Mobil 4WD satu ini sebenarnya didesain sebagai SUV. Namun dengan kapasitas mesin 1.5L 4 silinder, ketangguhannya mampu melibas jalanan ekstrim. Tidak heran jika mobil satu ini juga bisa dijadikan tunggangan untuk melakukan offroad

Mobil bertransmisi CVT ini dijual dengan 1 varian dan 7 warna di Indonesia. Harganya mulai Rp 270 jutaan saja. Bagi Anda yang suka offroad namun ingin menggunakan mobil untuk melakukan kegiatan di kawasan perkotaan, Renault Duster adalah opsi yang menarik untuk dibeli.

6. Chevrolet Colorado ZR2


Mobil dengan model pick up double cabin berukuran menengah ini cukup dikenal para pengendara offroad. Dilengkapi suspensi multimatic DSSV dan ban berukuran 31 inci. Perpaduannya membuat Chevrolet Colorado ZR2 ini sangat cocok dipakai melibas kawasan ekstrem.

Memiliki desain sangar, mobil satu ini sudah menggendong mesin diesel yang bertenaga 181 tenaga kuda. Mobil ini bisa dibeli dengan harga OTR Jakarta mulai Rp 420 jutaan.

7. Ford Ranger


Mobil yang lahir dari salah satu brand otomotif populer Amerika Serikat ini juga memiliki varian offroad yang tidak kalah sangar. Ford Ranger namanya. Mobil satu ini sempat dikenal sebagai moda transportasi orang-orang yang bekerja di daerah perkebunan terpencil dan kawasan pertambangan.

Dilengkapi mesin diesel bertenaga 4 roda, mobil pick up double cabin ini juga bisa dijadikan moda angkutan yang andal. Sayangnya saat ini Anda sudah tidak bisa menemukan versi barunya lagi. Salah satu unit bekas keluaran tahun 2014 dijual pada kisaran harga Rp 350 jutaan. Karena unitnya mulai langka, Anda bisa membelinya sebagai koleksi sekaligus investasi.

8. Nissan Titan XD Pro-4X


Mobil pabrikan Jepang ini memiliki desain pick up. Dikenal dengan kemampuannya melewati medan ekstrim dan daya angkut yang mumpuni membuat mobil ini dikenal secara internasional. Di pasar Amerika Utara Nissan Titan XD Pro-4X ini bahkan menjadi salah satu produk terlaris dari Nissan.

Selain memiliki desain yang menarik, mobil ini memiliki ukuran ban yang cukup besar titik berbagai fiturnya dirancang untuk mempermudah proses pengangkutan barang-barang ke dalam bak. Versi tahun 2019-nya memiliki transmisi 7 percepatan otomatis. Daya yang mampu disemburkan sampai dengan 390 tenaga kuda. Adapun harga jualnya berkisar antara Rp 700 juta sampai R p800 jutaan.

9. Mitsubishi Triton


Jika anda menginginkan angkutan offroad Pajero Sport Dakar namun dana yang dimiliki tidak mencukupi Anda bisa melirik Mitsubishi Triton ini. Anda bisa memilih versi single cabin atau double cabin.

Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2,5 L dengan kekuatan 134 tenaga kuda. Beberapa fitur yang disematkan antara lain driver airbag, anti-lock braking system dan power steering. Untuk mendapatkannya Anda bisa membayar harga mulai dari Rp 260 jutaan sampai dengan 490 jutaan. Harga berlaku untuk OTR Jakarta. Kalau ingin yang lebih murah, versi sekennya juga bisa didapatkan di berbagai bursa mobil bekas.

Kegunaan Mobil Bertipe Offroad

Meski dikenal di kalangan para pecinta olahraga ekstrem, mobil satu ini juga memiliki berbagai kegunaan lain. jadi, Anda juga bisa menjadikannya sebagai sarana untuk berbisnis. Beberapa kegunaan mobil ini antara lain adalah:

  • Membantu proses pengangkutan dan distribusi barang-barang dari maupun ke daerah-daerah terpencil
  • Jika Anda tinggal di kawasan pariwisata Anda bisa menyewakan mobil tipe offroad ini kepada para wisatawan yang ingin menjelajahi destinasi menarik terdekat
  • Memenuhi kebutuhan akan moda transportasi di daerah pedalaman.

Karena memiliki rentang harga yang beragam dan spesifikasi yang berbeda-beda, Anda bisa memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki. Selamat berburu mobil offroad!

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.