Siap Melaju di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Motor Sport Terbaik
Siap Melaju di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Motor Sport Terbaik

Siap Melaju di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Motor Sport Terbaik

3 May 2021
0 Comments

Bagi Anda yang memiliki hobi berpacu di atas kendaraan roda dua, memiliki motor sport atau sportbike mungkin jadi impian tersendiri. Selain desainnya yang tampak garang, sportbike sangat andal dari segi akselerasi, kecepatan dan kemampuan bermanuver di jalanan. Di Indonesia sendiri, motor sport semakin banyak peminatnya. Jenisnya pun beragam mulai dari 150cc sampai kelas superbike 1.000 cc.

Baca juga: Rekomendasi Motor Touring dengan Harga Paling Terjangkau

Apa Perbedaan Motor Sport dengan Sepeda Motor Biasa?

sebuah motor sport dengan merek duke berwarna orange dengan sedikit corak warna putih, sedang diparkir di sebuah ruangan semi outdoor.

Tidak hanya menjadi tunggangan pembalap kelas dunia, sportbike memiliki beberapa perbedaan dengan motor konvensional. Perbedaan itu antara lain:

  • Memiliki rangka yang kaku dan lebih kokoh. Dibuat menggunakan sasis stiff frame, sport bike biasanya lebih padat dan bobotnya lebih berat. Rangka ini juga memberikan dukungan pada mesin agar dapat menempel kuat pada body
  • Posisi stang lebih rendah. Agar lebih nyaman saat kebut-kebutan, stang motor ini didesain lebih pendek dan menekuk
  • Sistem suspensi. Di bagian depan, sportbike menggunakan suspensi upside down Sementara bagian belakang biasanya menggunakan suspensi tunggal yang adjustable (bisa diatur tinggi rendahnya sesuai dengan postur pengendara).

Selain beberapa poin di atas, desain sportbike juga dirancang dengan perhitungan aerodinamika yang mendukung gerak kendaraan. Ini jelas menjadi keunggulan tersendiri yang tidak banyak dimiliki oleh sepeda motor konvensional.

Rekomendasi Sportbike dari Berbagai Kelas

sebuah motor sport berwarna orange

Ukuran mesin sepeda motor memang berpengaruh besar pada performa mesinnya. Jika Anda ingin merasakan sensasi berkendara roda dua yang berbeda, simak rekomendasi sportbike terbaik berdasarkan ukuran mesinnya berikut ini!

Kelas 150cc

Dengan ukuran mesin yang tidak terlalu besar, sportbike 150cc ini tidak hanya layak untuk kebut-kebutan, tapi juga pemakaian harian. Beberapa pilihan dengan harga terbaik yang bisa Anda temukan antara lain adalah:

1. All New Yamaha R15


Mampu mengeluarkan tenaga sampai 14,3 nm pada 10.000 rpm, motor besutan Yamaha ini sangat responsive. Dibekali mesin 155cc berteknologi VVA plus Assist & Silver Clutch, kamu bisa melaju dengan nyaman di jalanan. Adapun harga yang ditawarkan untuk OTR Jakarta adalah Rp 37 jutaan.

2. Suzuki GSX-R150


Mempersembahkan motor dengan full fairing yang ringan dan memiliki desain gahar, Anda bisa merasakan sensasi berkendara dengan torsi 14 nm pada 9.000 rpm lewat mesin 147,3cc yang digendongnya. Untuk unit terbarunya, ada berbagai fitur baru yang disematkan mulai dari LCD Speedometer Backlight, lamp ring hingga lampu hazard. Versi keyless ignition system-nya bisa Anda boyong pulang dengan harga OTR Jakarta Rp 31.600.000 saja.

Kelas 250cc

Jika Anda merasa kurang puas dengan spesifikasi dan kapasitas mesin yang ditawarkan di kelas sebelumnya, Anda bisa memilih sportbike 250cc. Beberapa opsi terbaiknya antara lain:

1. Kawasaki W 250 SE


Dari segi desainnya, motor ini terbilang unik karena menampilkan gaya retro ala Perang Dunia II. Meski begitu, mesinnya tetap layak jadi pilihan untuk berpacu di jalanan. Dibekali mesin powerful berkapasitas 250cc, tenaga yang mampu disemburkan adalah 18 nm pada 5.500 rpm. Fitur andalan lain yang membuat motor ini semakin layak dilirik adalah sistem air-cooled dan 4-stroke single SOHC yang disematkan. Tersedia dalam 3 varian, sepeda motor ini bisa Anda beli mulai Rp77 jutaan saja. 

2. KTM Duke 250


Sebagai brand yang tampil di ajang MotoGP, KTM memang tidak pernah gagal memukau pencinta sportbike. Dengan body yang dibalut perpaduan warna hitam dan aksen oranye yang khas, motor ini memang sangat sedap dipandang mata.

Meski terkesan fresh, soal performa Anda tidak perlu ragu. Mengusung mesin 1 silinder 4-stroke, tenaga yang mampu dihasilkan setara 31,5 tenaga kuda. Sistem pengereman yang memanfaatkan disc brake membuat berkendara jadi semakin aman. Untuk bisa memboyongnya pulang, Anda cukup menyiapkan uang mulai dari Rp51-Rp70 jutaan saja.

3. Benelli TNT 249 S


Kalau Anda ingin merasakan menunggangi kendaraan produksi Eropa, brand Benelli merupakan opsi terbaik saat ini. Untuk kelas naked sport 250cc, ada Benelli TNT 249 S yang siap menemani Anda memacu adrenalin. Memiliki tampilan housing persegi tujuh, desainnya memancarkan kesan elegan.

Mesin yang disematkan oleh Benelli adalah silinder ganda DOHC yang sudah dilengkapi electronic injection. Tenaga yang dikeluarkan pada 10.000 rpm setara dengan 31 tenaga kuda. Sembari berpacu, Anda juga bisa melihat kondisi real time motor lewat LCD digital yang disertakan. Memiliki 3 varian warna, sepeda motor asal Italia ini bisa dibeli dengan harga mulai Rp 58 jutaan.

Kelas 500cc


Di kelas 500cc, ada banyak pemain yang meluncurkan sportbike dengan berbagai kelebihan. Salah satu pilihan yang cukup populer adalah Honda CBR500R. Memiliki desain ciamik nan futuristik, Honda CBR500R merupakan motor full-fairing yang dibekali berbagai fitur terkini. Mulai dari lighting yang menggunakan full LED, panel instrumennya pun dibuat dalam bentuk digital. Dapur pacunya ditenagai mesin 471 cc silinder tunggal dengan torsi 46,8 nm (maksimal). Dengan segala kelebihan yang ditawarkan, motor ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi yakni Rp 145 jutaan.

Kelas 1.000cc

Memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, sportbike 1.000cc memang memiliki spesifikasi yang jauh di atas rata-rata. Tidak heran jika dari segi harga, motor 1.000cc ini cenderung tinggi. Beberapa rekomendasinya adalah:

1. Kawasaki H2


Sepeda motor besar besutan Kawasaki ini memiliki mesin liquid-cooled 4-stroke inline four yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 147,2 kw pada 10.000 rpm. Perpaduan teknologi ini akan membuat motor tetap stabil meski dikendarai dengan kecepatan penuh. Soal harga, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam karena banderolnya mulai dari Rp660 jutaan.

2. BMW S 1000 RR


Memiliki desain mewah yang gahar, BMW S 1000 RR ini menggendong mesin water/air-cooled dengan 4 silinder 4-stroke inline engine. Produsen asal Jerman ini merancang besutan mereka ini dengan desain full fairing yang andal untuk dibawa kebut-kebutan. Motor ini bahkan termasuk salah satu unit tercepat di dunia. Untuk memilikinya, silahkan siapkan dana mulai Rp 477 juta.

3. Honda CBR 1000 RR


Jika CBR kelas 500cc masih kurang tangguh, silahkan jatuhkan pilihan Anda pada CBR 1000 RR dari Honda ini. Dilengkapi mesin 4 tak 4 silinder dan transmisi 6 kecepatan, sepeda motor ini siap dibawa memuaskan hasrat Anda beradu kecepatan. Karena memiliki mesin yang lebih besar dan fitur yang lebih canggih, harganya juga lebih tinggi. Satu unit barunya ditawarkan dengan harga Rp 575 juta.

Itulah beberapa rekomendasi motor sport terbaik dari berbagai kelas yang bisa Anda pilih. Meskipun bisa dibawa kebut-kebutan, pastikan tetap berkendara dengan aman demi keselamatan.

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.