Rekomendasi Motor Touring dengan Harga Paling Terjangkau
Rekomendasi Motor Touring dengan Harga Paling Terjangkau

Rekomendasi Motor Touring dengan Harga Paling Terjangkau

11 March 2021
0 Comments

Bagi sebagian besar orang, hobi motor touring adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus membutuhkan banyak dana dan keberanian. Tidak hanya itu, Anda juga dituntut lihai dalam memilih unit sepeda motor agar kenyamanan dan keamanan berkendara terjamin selama touring.

Baca juga: Siap Melaju di Jalanan, Ini Dia Rekomendasi Motor Sport Terbaik

Tips Cerdas Memilih Sepeda Motor untuk Touring

Touring dengan menggunakan sepeda motor tentu berbeda dengan berkendara biasa. Salah memilih, perjalanan Anda bisa terhambat. Terlebih jika mesin dan fitur keamanan yang disematkan tidak mumpuni. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda ingin membeli sepeda motor untuk touring:

1. Pastikan Motor Irit Bahan Bakar

Karena perjalanan yang ditempuh jaraknya jauh, Anda memerlukan bahan bakar yang tidak sedikit. Semakin banyak bahan bakar yang dihabiskan, semakin besar dana yang harus dikeluarkan. Karena itu, pastikan Anda memilih sepeda motor irit BBM untuk mendukung touring Anda.

2. Lihat Ukuran Tangkinya

Irit bahan bakar bukan satu-satunya alasan. Anda juga sebaiknya punya motor dengan volume tangki yang cukup besar. Dengan tangki besar, Anda tidak perlu repot berulang kali mengisi bensin. Apalagi kalau jalur yang ditempuh cenderung sepi dari keramaian.

3. Perhatikan Riding Position

Ketika melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, posisi tubuh yang terlalu membungkuk akan membuat Anda cepat lelah. Karena itu perhatikan dengan saksama jarak antara stang dengan tempat duduk. Pastikan posisi Anda tegak sempurna agar perjalanan Anda lebih nyaman.

Rekomendasi Motor Touring dari Berbagai Kelas

Anda mungkin berpikir bahwa touring pasti membutuhkan motor dengan harga mahal. Ini tidak sepenuhnya benar. Meningkatnya minat touring membuat banyak produsen sepeda motor berlomba-lomba menciptakan sepeda motor berharga terjangkau untuk Anda yang hobi menjelajah jarak jauh. Kelasnya pun berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

1. Kelas 150 cc


Untuk Anda yang mencari sepeda motor kelas 150 cc untuk touring, pilihannya masih belum terlalu banyak. Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Suzuki GSX 150 Bandit. Meski dirancang untuk berkendara sehari-hari, mesin yang disematkan memungkinkan Anda untuk menggunakannya sebagai tunggangan saat touring. Memiliki desain berkarakter serta mesin bertenaga 14,1 kw, Anda bisa memboyongnya pulang dengan harga OTR Jakarta berkisar Rp26.900.000.

Selanjutnya ada Yamaha Byson yang dikenal dengan riding position-nya yang nyaman dipakai berkendara jarak jauh. Edisi terbarunya sudah dilengkapi dengan fuel injection dan lulus pengujian EURO 3. Dibanding sepeda motor lain yang biasa dipakai touring, Yamaha Byson dibanderol sangat terjangkau yakni mulai Rp22 jutaan saja. Agar lebih nyaman dibawa bepergian jauh, sebaiknya lakukan beberapa modifikasi.

Satu motor lain yang belakangan semakin laris di pasaran dan cocok dijadikan tunggangan touring di kelas ini adalah Yamaha Nmax. Memiliki kapasitas mesin 155 cc, skuter dengan desain premium ini menawarkan berbagai kelebihan. Selain riding position yang nyaman serta ruang kaki yang luas, bagasi yang besar membuat Anda tidak perlu repot-repot menambah box penyimpanan di belakang. Menggunakan teknologi Blue Core, Nmax irit dipakai berkendara baik jarak jauh maupun sebagai moda transportasi harian. Harganya juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp30 jutaan saja.

Kelas 250 cc

Dengan harga yang cukup terjangkau, di kelas 250 cc Anda bisa menemukan VIAR Vortex 250. Cukup merogoh kocek sekitar Rp50 jutaan, sepeda motor yang merupakan hasil rebranding dari Cyclone RX3 produksi Amerika Serikat bisa Anda boyong pulang. Dari segi penampilan, motor yang pernah digunakan menjelajahi dari Jakarta sampai ke Himalaya ini memang sangat identik dengan kendaraan touring pada umumnya. Box panniers serta berbagai aksesoris mulai dari engine guard dan windshield akan membuat perjalanan semakin nyaman.

Opsi kedua ada Honda CRF 250 Rally. Motor pabrikan Jepang ini dibekali mesin 250 cc dengan 4-stroke, single, DOHC dan liquid-cooled. Mampu memancarkan tenaga sampai 18,2 kw pada 8.500 rpm, tarikannya akan membuat perjalanan touring Anda semakin mengesankan. Soal harga, motor ini hanya dibanderol Rp75 jutaan saja.

Kelas 300 cc


Di kelas 300 cc, ada beberapa opsi yang bisa ditemukan di pasaran antara lain adalah BMW G 310 GS dan KTM 390 Adventure. Jika Anda punya bujet lebih, Anda bisa membeli opsi pertama yang dijual dengan harga OTR Jakarta Rp160 jutaan. Tapi kalau dana yang tersedia terbatas, KTM 390 Adventure adalah opsi terbaik.

KTM 390 Adventure dilengkapi dengan mesin travel-enduro silinder tunggal yang ringkas. Desain sporty serta kelengkapan komprehensif yang disematkan membuatnya tangguh jadi teman touring. Desain ergonomis, serba guna, power delivery yang lancar serta teknologi inovatif ini hadir dalam satu paket lengkap bagi para pencinta touring. Body-nya yang ringan dan ringkas tentu saja juga cocok dipakai berkendara sehari-hari.

Kelas 400 cc

Kalau Anda mencari motor dengan harga terjangkau dan memiliki mesin berkapasitas 400 cc, Royal Enfield Himalayan adalah opsi terbaik. Sepeda motor asal Inggris yang sekarang berkantor pusat di India ini menawarkan berbagai kelebihan yang siap membuat Anda ingin menjelajah bersamanya.

Diproduksi sebagai produk dengan dual purpose, sepeda motor dengan desain klasik nan unik ini sudah diperkenalkan ke Indonesia sejak tahun 2016 silam. Saat melihat sekilas, banyak yang mengira dudukan sepeda motor ini tinggi dan tidak cocok untuk rata-rata pengendara di Indonesia. Untungnya ketika diduduki, suspensinya turun sehingga membuat riding position-nya jadi nyaman.

Dari segi mesin, motor satu ini menggunakan silinder tunggal 411 cca yang dilengkapi dengan air cooled dan fuel injection. Tarikan tenaganya yang kuat membuatnya nyaman dan maksimal untuk perjalanan touring Anda. Soal harga, Anda bisa membawa pulang motor ini dengan merogoh kocek kurang lebih Rp114 juta saja.

Kelas 500 cc


Ada beberapa pemain yang meluncurkan motor untuk touring dengan kapasitas mesin 500 cc. Namun dari segi harga, Benelli TRK 502 X adalah opsi yang menarik. Diluncurkan bersama dengan Leoncino pada helatan IIMS 2019 silam, sepeda motor dengan desain garang ini dibanderol antara Rp158-163 jutaan saja.

Menggendong mesin 4699,6 cc dengan 2 silinder inline, motor ini mampu mengalirkan tenaga hingga 46,9/8.500 rpm.  Dipasangi sistem firing, suaranya kerap membuat orang menyangka motor ini punya 4 silinder.

Demi keamanan dan kenyamanan berkendara, berbagai fitur canggih turut disematkan. Sebut sama sistem ABS untuk kedua rem serta standar emisi EURO 4. Dengan harga yang sangat terjangkau, desain dan fiturnya terbilang komplit.

Memilih motor touring memang memerlukan berbagai riset tersendiri. Dengan tips dan beberapa rekomendasi di atas, temukan motor impian Anda. Selamat berburu sepeda motor untuk touring yang penuh dengan kejutan

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.