Mengenal Jenis-Jenis Ban Alat Berat dan Spesifikasinya
Mengenal Jenis-Jenis Ban Alat Berat dan Spesifikasinya

Mengenal Jenis-Jenis Ban Alat Berat dan Spesifikasinya

23 September 2021
0 Comments

Untuk melakukan berbagai tugas dalam proyek, kita membutuhkan kendaraan atau alat-alat berat. Alat berat ini beroperasi di berbagai medan dengan beragam tugas. Baik untuk konstruksi pembangunan jembatan atau jalan raya sampai untuk mengerjakan proyek penambangan. Karena tugas yang berat ini, ban alat berat dibutuhkan untuk mendukung kinerja kendaraan dan alat-alat berat ini di lapangan.

Ban alat berat atau yang lebih dikenal dengan sebutan ban loader merupakan ban yang dirancang khusus untuk menahan beban berat dalam kondisi kerja yang berbeda. Ban ini dirancang untuk membantu proses kerja di medan yang kasar dan mengerjakan beragam tugas berat. Ban ini biasanya dipasangkan pada kendaraan yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tempat pembuangan sampah, pekerjaan umum dan pertambangan.

Sebagian besar ban loader digunakan pada kendaraan yang harus membawa beban berat di lokasi kerja. Beberapa jenis lagi dipasangkan pada kendaraan yang bertugas melintasi medan yang kasar dan berbatu. Ban loader biasanya bertahan selama bertahun-tahun tanpa mengalami keausan yang parah. Terutama jika dirawat dan digunakan dengan benar.

Baca juga: Memilih Ban Mobil Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan

Jenis-Jenis Ban Loader

Secara umum terdapat 3 jenis ban loader yang bisa Anda temukan di pasaran yakni Bias-Ply, Belted Bias dan Radial. Ketiganya memiliki fitur dan spesifikasi masing-masing. Selain itu, setiap jenis ban juga cocok untuk kondisi tertentu:

1. Ban Bias-Ply

Ban Bias-Ply memiliki konstruksi cross-ply yang terbuat dari karet berat. Konstruksi lapisan dilakukan dengan membuat pola menyilang dari satu sisi ban ke sisi lainnya. Tapak kemudian diletakkan pada pola ini. Konstruksi lapis memungkinkan ban lebih lentur dan memberikan pengalaman berkendaraa yang lebih mulus dan halus.

2. Ban Belted Bias

Ban ini dibuat dengan konstruksi yang sama dengan ban Bias-Ply. Tetapi ada sabuk baja yang ditempatkan di bawah pola silang. Sabuk baja diletakkan pada sudut yang berbeda sehingga bisa meningkatkan kinerja ban secara keseluruhan. Ban jenis ini sangat efektif digunakan pada kendaraan atau alat berat yang bekerja pada kecepatan tinggi untuk mengurangi rolling resistance.

3. Ban Radial

Ban radial dibuat dengan kabel baja berat yang melibatkan proses konstruksi yang lebih kompleks. Ada manik-manik yang dipasang melintasi tapak pada sudut kanan ke garis tenga tapak ban. Tali kemudian dipasangkan sejajar satu sama lain. Ban ini juga memiliki sabuk stabilizer yang ditempatkan di bagian bawah tapak. Keberadaannya membuat kekuatan ban dan umur ban meningkat. Meskipun memiliki sejumlah kelebihan, ban ini ternyata membuat kendaraan atau alat berat yang menggunakannya tidak bisa berjalan semulus dua ban loader yang lainnya.

Kategori Kendaraan Berat dan Spesifikasi Ban yang Dibutuhkan

Karena setiap jenis kendaraan berat memiliki cara kerja dan beban yang berbeda-beda, spesifikasi ban yang dibutuhkan juga tidak sama. Anda harus memahami dengan baik cara kerja setiap alat berat untuk bisa menentukan jenis ban yang akan mendukung kinerja alat tersebut secara maksimal.

Jika dilihat dari kategori alat beratnya, simak spesifikasi ban yang dibutuhkan dalam ulasan berikut ini!

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Earthmover (E)

1. Dump Truck

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan dump truck. Kendaraan satu ini banyak digunakan di area konstruksi untuk mengangkat material atau di kawasan pertambangan untuk mengangkut hasil tambang.

Dump truck biasanya berjalan dengan beban berat dan kecepatan tinggi dalam jarak relatif jauh. Spesifikasi ban yang dibutuhkan agar dump truck bisa beroperasi dengan maksimal adalah ban yang memiliki ketahanan terhadap uas yang tinggi dan punya resistensi baik terhadap objek yang bisa memotong.

2. Scraper Tractor

Scraper tractor atau traktor pengikis merupakan alat berat yang digunakan untuk pemindahan tanah. Spesifikasi ban menggunakan tipe telapak lebar yang memiliki properti yang sama dengan ban dump truck.

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Grader (G)

Grader juga disebut road grader atau motor grader merupakan alat berat dengan pisau panjang untuk meratakan permukaan yang sedang proses perataan. Spesifikasi ban memiliki bagian telapak yang bisa memberikan traksi tinggi dan stabilitas arah.

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Loader dan Dozer (L)

1. Loader

Loader adalah mesin atau alat berat yang digunakan untuk memindahkan atau memuat material seperti tanah, batu, pasir dan puing ke dalam kendaraan lain seperti dump truck. Spesifikasi bannya tahan terhadap objek pemotongan dan keausan serta bisa memberikan stabilitas pada bak loader.

2. Dozer

Dozer adalah alat berat yang biasa digunakan untuk memindahkan objek yang bisa bergerak dengan posisi kuat dan stabil. Dozer digerakkan oleh sistem penggerak 4 roda dan punya sistem kemudi hidrolik yang menggerakkan blade pada bagian depan dozer. Spesifikasi ban yang digunakan untuk dozer adalah ban dengan telapak traksi yang lebih kuat dibanding ban loader.

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Compactor (C)

Roller machine atau mesin penggilas adalah kompaktor yang biasa dipakai untuk pengerjaan perataan tanah, aspal atau kerikil dalam pembangunan pondasi gedung atau pembuatan jalan. Spesifikasi ban yang dibutuhkan adalah ban yang bagian telapaknya lebar yang mampu mendistribusikan bobot beban secara merata karena penggunaan utamanya adalah meratakan dan memadatkan jalan.

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Mobile Crane

Mobile crane atau lebih dikenal dengan derek penggerak merupakan alat berat yang beroperasi dengan menggunakan kabel yang dipasang pada crawler atau pengangkut jenis truk. Mobile crane membutuhkan jenis ban yang memiliki tingkat keausan yang merata dan memiliki tapak dengan masa pakai yang panjang. Bagian telapak ban didesain agar kendaraan bisa memperoleh stabilitas berkendara yang lebih baik.

Kendaraan atau Alat Berat Kategori Industrial (IND)

Straddle carrier merupakan peralatan berat yang biasa dipakai dalam proses pengangkutan kontainer yang ada di pelabuhan. Alat berat ini membutuhkan ban dengan spesifikasi yakni punya tingkat keausan yang tahan lama, tidak mudah terpotong dan memiliki konstruksi kuat.

Memilih ban loader yang tepat harus disesuaikan dengan jenis kendaraan atau alat berat yang akan Anda gunakan. Anda mungkin membutuhkan jenis ban loader yang berbeda untuk kendaraan berkinerja berat atau kendaraan yang harus bergerak cepat di medan yang sulit. Menggunakan jenis ban yang tepat akan membantu Anda menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Para pemilik bisnis atau operator alat-alat berat harus memperhatikan bagaimana lingkungan kerja dan siklus pemakaian sebelum mereka memilih ban. Karena banyak orang yang bingung memutuskan antara pengalaman dan kualitas berkendara dengan ketangguhannya di area kerja, Anda sebaiknya fokus pada hal yang paling penting dalam proses kerja alat berat tersebut. Konsultasikan kebutuhan ban alat berat Anda pada distributor terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.