Memilih Ban Mobil Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan

Memahami jenis ban mobil dan mengetahui cara memilihnya adalah hal wajib yang harus dimiliki pemiliknya. Dengan mengetahui hal seperti ini, Anda bisa menyesuaikan roda mobil sehingga Anda merasa nyaman saat berkendara dan tidak ada masalah ketika melalui jalan dengan kondisi tertentu.

Lalu, apa saja jenis ban untuk mobil yang bisa dipilih? Jawabannya tentu ada banyak dan masing-masing memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Kalau Anda merasa belum mengetahui apapun seputar ban roda empat, ada baiknya menyimak ulasan di bawah ini sampai habis.

Baca juga: Mau Pasang Stiker Mobil? Ketahui Dulu Hal-hal Penting Ini!

Jenis Ban Mobil


Ada banyak jenis ban untuk mobil yang ada di pasaran dan setiap jenis punya spesifikasi sendiri-sendiri. Berikut beberapa jenis ban kendaraan roda empat yang bisa digunakan.

1. Comfort

Seperti namanya, ban ini diciptakan untuk memberikan rasa nyaman pada penggunanya. Ban jenis ini memiliki alur rapat sehingga cengkeraman pada jalanan cukup kuat.  Ban comfort cocok untuk jalanan di kawasan perkotaan yang mulus dan nyaman.

Kelebihan lain dari ban jenis comfort adalah tahan panas. Jadi, meski dipakai dalam jangka waktu panjang, tidak akan jadi masalah. Kemungkinan untuk cepat terkikis juga kecil sehingga Anda tidak perlu sering mengganti ban.

2. Highway Terrain

Berada di perkotaan dengan jalan beraspal halus? Ban yang bisa dipakai adalah jenis highway terrain atau HT. Ban HT memiliki pola alur yang mampu menurunkan tingkat kelicinan dan mencengkeram kuat pada jalanan. Dengan begitu, tidak terjadi selip dan kecelakaan saat hujan.

Ban HT banyak digunakan pada kendaraan roda empat, seperti city car, sedan, hatchback, dan MPV. Beberapa mobil balap juga menggunakan roda ini karena dipakai on-road.

3. Mud Terrain

Berbeda dengan ban HT yang cocok untuk jalanan yang mulus, mud terrain atau MT cocok sekali dipakai untuk off-road. Misal, dipakai di jalanan yang sangat kasar, berbatu, dan dipenuhi dengan lumpur.

Alur pada ban yang digunakan dibuat lebih menonjol untuk memperbesar cengkeraman. Sementara itu, ban ini juga tebal dan kuat sehingga dapat menurunkan guncangan ke atas dan mencegah kerusakan dari velg. Ban MT banyak dipakai pada kendaraan off-road seperti jeep.

4. All Terrain

Kombinasi dari ban HT dan MT adalah all terrain atau AT. Bentuk ban mobil ini mirip sekali dengan ban MT. Hanya saja, ban AT bisa dipakai di jalanan biasa seperti perkotaan dan juga jalanan terjal.

Ban ini memiliki kelebihan dalam hal peredaman suara. Saat digunakan di jalanan yang berbatu sekali pun tidak akan bising. Ban AT banyak dipakai pada kendaraan 4WD.

5. Eco

Ban ini dibuat dengan menggunakan lapisan silika sehingga cengkeramannya ke jalan sangat kuat. Dinamakan eco karena jenis ban ini mampu membuat kendaraan roda empat yang menggunakannya lebih hemat dengan bahan bakar.

6. Run Flat

Ban ini mampu membuat mobil bergerak dengan stabil, bahkan di jalanan yang tidak begitu mendukung atau dalam kondisi kempis. Ban ini cocok dipakai di kawasan perkotaan.

7. Tubeless

Ban ini didesain tanpa menggunakan ban dalam. Konsep ini digunakan di banyak kendaraan roda empat dan beberapa roda dua terbaru.

8. Radial

Ban yang dibuat dengan serat menyilang. Fungsi dari serat ini bukan hanya sebagai rangka saja. Serat juga bisa dipakai untuk menahan panas sehingga ban tidak mudah mengalami gesekan dan menipis.

9. Bias

Jenis ban terakhir adalah bias. Ban ini memiliki alur atau pola permukaan yang unik, yakni lembar cord. Lembaran ini akan menjadi bagian dari rangka ban. Saat digunakan dan terasa panas, udara itu akan disalurkan ke tengah dan membuat ban tertekan di sisi depannya saja.

Cara Memilih Ban Roda Empat yang Aman 


Saat membeli kendaraan roda empat, Anda akan mendapatkan ban bawaan yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, Anda bisa menggantinya setelah mempertimbangkan beberapa cara di bawah ini.

1. Memilih Sesuai Kebutuhan Harian

Hal pertama yang harus dilakukan saat Anda ingin memilih ban untuk mobil adalah mengetahui kebutuhan. Saat berada di perkotaan dengan jalanan mulus, tentu tidak butuh ban khusus, seperti ban untuk jenis off road. Cukup pakai ban standar seperti yang diberikan pabrik saja.

Berbeda saat Anda saat berada di lingkungan yang tidak mendukung. Tentu ban khusus dibutuhkan agar bisa melakukan perjalanan dengan lebih lancar dan risiko mengalami masalah di jalan tidak akan terjadi.

2. Cek Ukuran dari Ban

Setiap ban yang dijual di luar sana memiliki ukuran berbeda-beda. Meski sebagian besar memiliki ukuran velg sama, kadang ada yang memiliki ukuran khusus sehingga ban yang digunakan pun berbeda. Untuk itu, cari ban yang memang sesuai dengan ukuran untuk menghindari masalah.

Apabila Anda memakai ban terlalu besar atau kecil, ban tidak akan bisa menempel atau malah mudah lepas saat dipasang ke velg. Hal ini bisa berbahaya kalau dipakai di jalanan. Kemungkinan terjadi kecelakaan bisa saja besar.

3. Memperhatikan Pola

Pola alur pada ban terlihat seperti hiasan saja. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari guratan itu. Pola itu dibuat untuk menambahkan gesekan pada ban sehingga peluang tergelincir akan kecil, baik di jalanan yang sangat mulus atau basah.

Perhatikan di mana saja Anda akan mengendarainya. Apabila berkendara di daerah yang rawan licin, Anda bisa memilih ban motif V. Sementara itu, ban dengan pola bulat cocok di jalanan yang cukup bergelombang.

4. Amati Tahun Pembuatan

Pada ban, Anda bisa menemukan kode yang menunjukkan tanggal pembuatannya. Makin tua tanggal pembuatannya, risiko mengalami kerusakan jadi lebih besar. Untuk itu, pilih ban yang tahun pembuatannya masih terbilang muda.

5. Pertimbangkan Ketebalan

Ketebalan dari ban penting untuk diperhatikan. Ban yang terlalu tipis akan menyebabkan hentakan antara bodi dan jalanan makin kuat. Efeknya, Anda akan tidak nyaman berada di dalam kendaraan. Selain itu, velg dari roda empat juga mudah rusak.

Ada baiknya mobil yang sering digunakan untuk pelesir dan perjalanan jauh menggunakan ban yang tebal. Jadi, meski terkikis berkali-kali sekali pun, tetap nyaman dipakai.

Cara Membaca Kode pada Ban untuk Mobil

Pada ban kendaraan roda empat, ada kode atau kombinasi angka dan huruf yang merupakan spesifikasi lengkapnya. Untuk bisa mengetahui ukuran dari ban, coba perhatikan contoh di bawah ini:

200/50 R15 90 V

Keterangan:

  • 200 : lebar telapak, ukuran yang dipakai mm
  • 50 : aspek rasio ketebalan ban, angka ini dalam persentase
  • R : menggunakan jenis radial
  • 15 : diameter dalam velg dalam inci
  • 90 : indeks beban skala maksimum
  • V : batas kecepatan maksimum ban

Ban kendaraan roda empat yang terbaik bukan ban dengan merek terkenal atau berbahan premium. Ban terbaik adalah ban yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan, khususnya yang berhubungan dengan jenis jalanan yang sering dilewati setiap hari. Salah memilih ban seperti tidak sesuai dengan medan atau terlalu besar dan kecil akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Untuk itu, simak baik-baik ulasan di atas agar mempunyai dasar saat memilih ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *