Mau Investasi Mobil Klasik? Simak Rekomendasi Lengkap Ini!

Punya mobil klasik di dalam garasi Anda? Jangan buru-buru dijual. Siapa tahu kendaraan yang Anda anggap sudah tua itu ternyata punya nilai jual tinggi dan bisa dijadikan investasi. Tapi, kendaraan jadul seperti apa yang cocok dibeli dan dijadikan investasi?

Baca juga: Bujet Terbatas? 10 Mobil Sport Ini Dibanderol Kurang Dari 1 M!

Mobil Klasik Seperti Apa yang Layak Jadi Investasi?

Meski secara umum harga mobil akan cenderung turun seiring dengan berjalannya waktu, ternyata ada jenis mobil tertentu yang justru semakin lama semakin naik harganya. Ada beberapa ciri dan kriteria yang membuat sebuah mobil layak dibeli dan dikoleksi yakni:

  • Memiliki mesin yang tangguh. Siapa yang tidak ingin punya mobil yang tahan banting meski sudah dipakai bertahun-tahun? Mobil-mobil tua dengan kriteria ini sangat layak dijadikan incaran
  • Desain yang timeless. Banyak orang yang membeli mobil berulang-ulang karena desainnya dianggap sudah ketinggalan zaman. Jika Anda salah satunya, membeli mobil berdesain timeless adalah salah satu pilihan menarik
  • Memiliki sejarah panjang. Mobil-mobil yang pernah jadi tren, biasanya akan terus diburu kolektor meski usianya sudah tua
  • Diproduksi dalam jumlah terbatas. Siapa yang tak tergiur dengan embel-embel limited edition? Mobil-mobil yang diproduksi secara terbatas biasanya menarik minat kolektor dan harganya bisa naik berlipat-lipat.

Rekomendasi Mobil Klasik yang Menarik Dijadikan Investasi

Kalau Anda berniat beli mobil tua untuk dikoleksi dan dijual kembali dengan harga mahal, beberapa merek berikut bisa jadi pilihan. Apa saja?

1. Mazda MX- 5 Miata


Dipasarkan sebagai mobil premium, Mazda MX-5 Miata menghadirkan desain mewah dengan tenaga pacu yang gahar. Mulai mengaspal di Indonesia pada tahun 2019 lalu, mobil ini sebenarnya sudah diproduksi sejak lama dan masih beredar versi barunya di pasaran sampai saat ini.

Alasan kenapa Mazda MX-5 Miata dianggap potensial adalah karena berbagai fitur canggih yang disematkan ke dalamnya. Adapun unit yang direkomendasikan untuk koleksi atau investasi sebaiknya adalah Mazda MX-5 Miata Generasi ketiga tahun 2012 yang kini harga pasarannya berkisar Rp385 jutaan.

2. Proton Neo R3


Diproduksi oleh perusahaan otomobil Malaysia, Proton Neo R3. Pertama kali dipasarkan pada tahun 2013, mobil dengan tipe sport hatchback ini langsung menuai perhatian sebagai kendaraan terjangkau dengan kemampuan mesin yang mumpuni dengan kapasitas 1.600 c dan menggunakan 4 silinder. Hanya butuh sedikit modifikasi jika Anda tertarik menggunakannya untuk berpacu kencang di jalanan.

Salah satu alasan kenapa mobil ini direkomendasikan sebagai investasi adalah karena desainnya yang tidak lekang ditelan waktu. Sayangnya, Proton Neo R3 yang diimpor utuh dari negeri jiran ini sangat jarang ditemukan di pasaran Indonesia. Jika tertarik membeli, Anda mungkin bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp125 jutaan. 

3. Honda Civic Estilo


Jika kedua mobil yang disebutkan sebelumnya adalah pabrikan tahun 2000-an, maka rekomendasi berikutnya benar-benar klasik yakni Honda Civic Estilo. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1990-an, Civic Estilo kerap dianggap sebagai lambang pergaulan dan kekayaan anak-anak muda di zamannya.

Termasuk ke dalam kategori medium hatchback sport, desain yang diusung memang tidak lekang oleh waktu. Jadi, kalau suatu saat Anda memiliki mobil ini dan memarkirkannya di samping kendaraan sejenis produksi teranyar, Anda tidak akan kelihatan ketinggalan zaman.

Tidak hanya dari segi desain, alasan lain kenapa mobil satu ini layak koleksi adalah performa mesinnya yang jempolan. Meski versi yang beredar di Indonesia tidak sama persis dengan yang dijual di negara asalnya, mesin 1.500 cc dengan 4 silinder yang disematkan tetap tidak akan kalah dengan kendaraan roda empat produksi terkini. 

Bonusnya lagi, desain body-nya sangat mudah dimodifikasi sehingga Anda bisa mengubahnya sesuai selera untuk meningkatkan nilai jualnya. Karena benar-benar klasik, tidak ada patokan harga pasaran yang benar-benar bisa menjadi gambaran. Salah satu keluaran tahun 1993 dengan body yang masih full original diketahui harganya bisa mencapai Rp135 juta.

4. Toyota Corolla Twincam Liftback



Masih berasal dari Jepang, seri Corolla besutan Toyota dianggap sebagai pesaing ketat bagi Honda Civic Estilo. Di Indonesia sendiri, Corolla sempat menjadi mobil favorit pada tahun 1990-an. Saat itu, Toyota mengeluarkan beberapa versi antara lain sedan biasa dan versi liftback (sedan tanpa ruang bagasi). Versi liftback menarik perhatian banyak kolektor karena dianggap punya desain yang unik dan berbeda dari kendaraan lain di kelasnya.

Daya tarik lain yang membuat mobil ini sangat layak untuk jadi koleksi maupun investasi adalah mesin 1.600 cc yang cukup bertenaga. Selain itu, sampai saat ini spare part-nya masih sangat mudah ditemukan. Jadi Anda semakin mudah mempertahankan performa terbaiknya. Kalau tertarik membeli, Anda bisa menemukan Toyota Corolla Twincam Liftback dengan harga kisaran Rp46 jutaan saja untuk keluaran tahun 1996.

5. BMW Seri 3 E30


Sedan asal Jerman ini pernah sangat populer di Indonesia pada tahun 1990-an karena ditampilkan dalam sinetron Catatan Si Boy. Jika dilihat dari segi desain, BMW dengan kode body E30 ini sangat revolusioner karena gayanya yang modern dan kental dengan kesan sporty. Tidak heran jika banyak anak-anak muda yang mengidamkannya sebagai tunggangan.

Tidak hanya dari segi desain, BMW E30 juga menggendong mesin yang cukup bertenaga. Sebagai salah satu kendaraan yang memiliki sejarah panjang, sampai sekarang masih banyak orang yang memburunya. Sebagai gambaran untuk Anda yang ingin membeli, keluaran tahun 1991 dari seri ini dibanderol dengan harga Rp41 jutaan dan bisa dipastikan akan terus mengalami kenaikan.

Mobil Lain yang Diprediksi Nilainya akan Naik

Selain dari merek-merek diatas, investasi mobil ternyata bisa dimulai dengan mengetahui tipe-tipe apa saja yang akan jadi tren. Beberapa rekomendasinya antara lain adalah:

  • CBU atau Completely Built-up. Mobil-mobil yang diimpor utuh dari luar negeri memang selalu menarik dan memiliki potensi besar mengalami kenaikan harga jual di masa depan
  • Station Wagon. Mobil dengan desain yang bagasinya menyatu dengan body bagian belakang ini juga memiliki peluang besar untuk mengalami kenaikan harga di masa depan. Meski saat ini Anda juga bisa menemukan tipe sejenis, tapi keluaran lama akan menjadi mobil jadul yang diburu kolektor
  • Mobil langka. Mobil-mobil yang dijual dengan jumlah terbatas atau sudah dihentikan produksinya namun masih banyak dicari juga bisa jadi opsi untuk investasi.

Mobil memang benda yang digunakan sehari-hari dan potensi penurunan nilainya sangat besar. Tapi hal ini akan berbeda jika mobil yang Anda pilih adalah mobil klasik. Dengan berbagai potensi besar yang dimiliki, mobil-mobil semacam ini akan menjadi sumber uang yang menjanjikan di masa depan. Tertarik mencoba?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *