Mau Buka Bisnis? Simak Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik Ini!
Mau Buka Bisnis? Simak Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik Ini!

Mau Buka Bisnis? Simak Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik Ini!

26 April 2021
0 Comments

Mobil pick up atau pikap adalah jenis kendaraan roda empat dengan kabin tertutup dan bak terbuka pada bagian belakang. Mobil ini banyak dimanfaatkan untuk membawa barang. Namun selain untuk angkutan biasa, banyak orang memanfaatkan pick up untuk berbagai kebutuhan komersial.

Ada dua jenis pick up yang bisa Anda temukan di pasaran yakni tipe single cabin (kabin tunggal) dan double cabin (kabin ganda). Pick up dengan satu kabin umumnya hanya bisa memuat dua penumpang di bagian depan dan berbahan bakar bensin. Mobil kabin tunggal inilah yang paling banyak dipakai untuk kebutuhan bisnis dan usaha.

Ada juga pick up double cabin yang dilengkapi dengan 4×4 (memiliki mesin penggerak pada keempat rodanya). Mampu menampung lebih dari 2 penumpang, harga pick up double cabin lebih mahal karena kemampuannya melewati medan yang berat. Tidak heran jika kendaraan ini juga digunakan oleh pemadam kebakaran, kepolisian dan instansi pemerintahan lainnya.

Rekomendasi Mobil Pick Up yang Cocok untuk Berbisnis

Bagi para pedagang, angkutan adalah hal krusial. Mulai dari membawa bahan baku sampai melakukan distribusi, semua akan semakin mudah dengan pick up. Simak beberapa rekomendasi pick up berharga terjangkau untuk Anda yang ingin membuka usaha berikut ini!

1. Suzuki Carry


Sudah mulai mengaspal di tanah air sejak 1970-an, Suzuki Carry bisa dibilang sebagai pick up legendaris para pengusaha. Selain harganya terjangkau, mobil ini punya tenaga kuat dan irit bensin.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan generasi terbarunya. Tentu saja dengan berbagai fitur teranyar seperti kunci anti maling (immobilizer), power steering hingga kursi kemudi yang fleksibel. Anda bisa membawa pulang Suzuki Carry terbaru dengan harga OTR Jakarta mulai dari Rp 146 jutaan saja.

2. DFSK Super Cab


Bukan rahasia lagi kalau produk-produk Cina memang terjangkau dari segi harga namun tidak kalah dari sisi kualitasnya. Ini bisa Anda temukan pada DFSK Super Cab, sebuah pick up besutan Cina. Memiliki mesin 1.5 L dan mampu menyemburkan daya 140 pada 4.000 rpm, mobil ini cukup andal di jalanan. Kekurangannya adalah kapasitas baknya yang tidak terlalu besar. Harga OTR Jakarta mobil ini mulai dari Rp130-Rp150 jutaan.

3. Mitsubishi L300


Pick up legendaris selanjutnya adalah Mitsubishi L300. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1980-an, sampai sekarang mobil ini tidak mengalami banyak perubahan desain maupun performanya. Menggendong mesin diesel berkapasitas 2.500cc, pick up besutan Jepang ini mampu mengeluarkan tenaga torsi 133,4 Nm pada 2.500 rom.

Soal kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi power steering sehingga memudahkan pengendara dalam bermanuver. Untuk versi standarnya, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 190 jutaan (OTR Jakarta).

4. Daihatsu Himax


Memiliki dimensi yang lebih kecil dan desain ringkas, Daihatsu Himax cocok dipakai melewati jalan-jalan sempit. Selain irit bahan bakar, dari segi performa mesin pick up satu ini juga tak perlu diragukan. Memiliki kapasitas 1.000cc dengan 3 silinder, torsi yang bisa dicapai adalah 85 Nm. Sayangnya saat ini Anda sudah tidak bisa mendapatkan versi barunya lagi. Satu-satunya cara untuk memiliki Daihatsu Himax adalah dengan berburu unit bekasnya.

5. Tata Super Ace


Dari segi performa, pick up asal India Tata Super Ace mampu melampaui L300. Semua ini berkat mesin 1.405cc yang dilengkapi dengan induksi turbo yang digendongnya.  Tidak cuma itu, kapasitas baknya juga lebih besar dari L300 sehingga cocok untuk Anda yang butuh angkutan bermuatan besar.

Sudah memiliki AC, power window dan power steering, Tata Super Ace bisa dibawa pulang hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 125 jutaan saja.

6. Kia Big Up


Mobil produksi Korea Selatan ini memang memiliki ukuran besar seperti namanya. Punya panjang bak 2,9 meter dan lebar 1,74 meter, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Soal mesin, Kia sudah melengkapi unitnya ini dengan 1.698cc mesin diesel yang mampu mengeluarkan tenaga 164,7 Nm pada 2.400 rpm.

Agar semakin lihai di jalanan, Anda bisa menggunakan fitur power steering yang disematkan ke kendaraan ini. Harga Kia Big Up juga terbilang murah untuk segala fitur yang dimilikinya yakni sekitar Rp 190 jutaan (versi pick up) dan Rp 230 jutaan untuk versi box. Harga ini berlaku untuk OTR Jakarta.

7. Daihatsu Granmax Pick Up


Satu lagi pick up produksi Daihatsu yang layak dipertimbangkan adalah Granmax. Walau tidak sebesar Carry, namun daya tampung baknya cukup mumpuni untuk angkutan usaha. Ada dua pilihan mesin yang tersedia di pasaran yakni 1.3 L dan 1.5 L. Kalau ingin yang hemat BBM, Anda bisa memilih versi 1.3. Tapi kalau ingin kendaraan dengan tarikan yang lebih garang, versi 1.5 adalah opsi terbaik.

Dari segi harga, Granmax juga dibanderol dengan harga terjangkau. Versi 1.3 L dibanderol Rp 141 jutaan (OTR Jakarta) sementara versi 1.5 L bisa dibeli dengan harga Rp 146 jutaan.

Peluang Bisnis dengan Pick Up

sebuah mobil pickup toyota berwarna merah sedang parkir di sebuah garasi.

Kalau dulu pick up hanya digunakan sebagai alat pengangkut, saat ini kita bisa menemukan ide bisnis yang lebih kreatif lagi. Kalau Anda sudah punya pick up atau berencana membeli namun belum tahu ingin membuka bisnis apa, simak beberapa peluang menjanjikan berikut ini!

1. Membuka Usaha Kuliner

Usaha kuliner berupa food truck semakin populer beberapa tahun belakangan. Anda bisa memanfaatkan pick up yang Anda punya untuk berdagang makanan dan minuman. Martabak, kopi sampai tahu bulat bisa dijual dengan menggunakan mobil tipe pick up ini. Lakukan beberapa modifikasi agar food truck Anda tampil menarik di mata calon pembeli.

2. Menjual Buah-Buahan Segar

Kalau Anda memiliki relasi dari kalangan petani, ini bisa jadi kesempatan emas untuk menjual buah segar dengan menggunakan pick up. Anda bisa menggunakan bak sebagai toko sementara. Bisa juga membawanya berkeliling agar lebih mudah menemukan pembeli.

3. Menjual Pulsa dan Kartu Perdana

Kebutuhan akan paket data dan pulsa semakin tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone. Manfaatkan pick up milik Anda untuk menjajakan voucher internet maupun kartu perdana. Anda bisa berdiam di satu tempat saja, atau berkeliling untuk mendapatkan pembeli.

4. Menjual Pakaian

Tidak harus punya toko untuk bisa menjajakan pakaian. Anda bisa memodifikasi bagian bak pick up menyerupai butik kecil untuk memajang koleksi baju-baju yang Anda jual. Jika ingin mengincar target pasar khusus, Anda bisa menjual jilbab atau pakaian anak-anak.

Demikian informasi lengkap seputar rekomendasi mobil pick up untuk usaha berikut dengan peluang bisnis yang bisa dicoba dengan menggunakan pick up. Semoga bermanfaat!

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.