Site icon Toerbo

Jok Mobil Kotor? Pahami Cara Bersihkan Jok Mobil yang Efektif!

Cara bersihkan jok mobil yang efektif

Apakah kamu merasa mobilmu ga nyaman dikendarai karena kotor? Menjaga kebersihan mobil itu topik yang jarang dibahas, padahal penting sekali. Satu bagian yang mudah kotor adalah jok mobil. Sebagai pemilik mobil, kamu harus paham cara bersihkan jok mobil yang efektif. Kalau mobil bersih, berkendara pasti lebih asyik.

4 Tips Membersihkan Jok Mobil

Apakah kamu ga yakin dengan keterampilan diri sendiri dalam membersihkan jok mobil? Kamu bisa menerapkan empat tips di bawah ini untuk membersihkan jok mobil yang dalam kondisi kotor:

1. Membersihkan Jamur yang Tumbuh di Jok

Indonesia itu adalah negara yang kelembaban udaranya sangat tinggi. Makanya ga heran kalau jamur bisa tumbuh dengan subur di berbagai permukaan, termasuk jok mobil kamu. Kalau melihat bintik-bintik putih muncul pada jok mobil disegerakan saja untuk membersihkannya sebelum berkembang jadi makin banyak.

Tugas pertama adalah dengan membersihkan permukaan jok dari jamur. Kamu bisa menggunakan sikat lembut untuk melakukan ini, misalnya sikat gigi yang sudah tidak dipakai. Setelah itu, permukaan jok dapat disanitasi dengan cairan pembersih jok mobil yang dicampur ke air dengan perbandingan 1:1.

2. Vakum Mobil dengan Teratur

Cara membersihkan jok mobil yang paling efektif adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Alasannya adalah karena kebanyakan kotoran yang menempel pada jok mobil berupa partikel-partikel kecil. Lebih mudah kalau kamu menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang tidak kelihatan seperti itu.

Selain itu, kotoran yang disedot vacuum cleaner bakalan ditampung di dalam tempat pembuangannya. Ga ada risiko kotoran yang sudah dibersihkan masuk lagi ke dalam mobil. Ada banyak produk vacuum cleaner khusus mobil yang bisa kamu pertimbangkan lho. Pasokan daya yang dibutuhkan biasana kecil.

3. Menggunakan Bahan-Bahan Pembersih yang Sesuai

Waktu membersihkan mobil kamu wajib berhati-hati dalam menggunakan produk kebersihan yang sesuai. Kalau ga hati-hati, bisa jadi permukaan jok malah jadi rusak. Pemilik mobil pasti tahu dong bahwa mengganti jok mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut ini merupakan beberapa cairan pembersih selain deterjen khusus jok mobil yang bisa kamu jadikan alternatif:

4. Pakai Alat untuk Mempercepat Pengeringan

Jok mobil ga boleh dibiarkan dalam keadaan lembab. Karena mobil itu ruang kecil tertutup, kalau kamu membiarkan permukaan jok sedikit basah setelah dikeringkan, bisa jadi malah tumbuh jamur. Bau mobil juga jadi ga karuan. Selain itu, saat kamu duduki, jok yang lembab pasti ga terasa nyaman.

Kalau sempat, kamu bisa melepas jok atau upholstery lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Pemilik mobil juga bisa pakai hair dryer kalau jok mobilnya terbuat dari bahan kain. Alat pengering lain yang disarankan adalah kain microfiber. Kain ini bisa dipakai untuk mengeringkan jok berbagai bahan.

Pahami Bahan Jok Mobil

Tahukah kamu bahwa jok mobil satu dengan lainnya ga bisa disamakan? Alasannya adalah jok mobil dibuat dari bahan yang berbeda-beda. Cara kamu memperlakukan bahan satu dengan bahan yang lainnya pasti berbeda kan? Perhatikan karakteristik ketiga bahan jok umum berikut untuk membersihkannya dengan benar:

1. Vinyl

Bahan ini permukaannya licin dan ga permeabel. Cairan ga akan mudah meresap ke dalam pori-porinya. Kamu hanya perlu spons bersabun untuk membersihkan permukaan jok dengan bahan ini. Yang penting adalah permukaan jok benar-benar kering sebelum digunakan.

2. Kain

Kain adalah bahan yang punya pori-pori cukup longgar, jadi cairan bisa masuk dengan mudah. Umumnya bahan kain yang digunakan adalah jenis tenun dan beludru. Kalau jokmu jenis tenun, kamu bisa membersihkannya dengan sikat lembut dan larutan sabun. Jok jenis beludru harus dilepas dulu sebelum dibersihkan.

3. Leather (Kulit)

Bahan jok ini bisa dibilang premium karenanya cara bersihkan jok mobil kulit lebih rumit. Kamu perlu deterjen khusus kulit supaya permukaannya tidak rusak. Selain itu, setelah pembersihan selesai, kamu juga perlu memoles permukaan kulit agar tidak terlihat kusam.

Apa Sih Akibat Jok Mobil Yang Didiamkan Kotor?

Orang-orang bertanya: kenapa sih jok mobil tidak boleh dibiarkan kotor? Alasan pertamanya adalah karena kamu pasti tidak nyaman untuk duduk di sana. Noda yang ada di jok bisa juga menempel ke pakaianmu. Jok yang kotor bisa juga menjadi sarang hama kecil seperti kutu dan hewan lainnya.

Ada juga lho implikasi kesehatan dari jok yang kotor. Misalnya jok mobil kamu berjamur, kamu akan menghirup udara tidak bersih waktu ada di dalam mobil. Lama-kelamaan kamu bisa mengalami masalah pernapasan atau masalah kesehatan lainnya. Bau mobil yang joknya kotor juga biasanya apek, tidak nyaman buat pengendara.

Cara bersihkan jok mobil yang disebutkan di sini akan membantu kamu membersihkan mobil secara mandiri. Kalau kamu kurang yakin, bisa juga menjadwal pembersihan jok menyeluruh sekitar 6 bulan hingga setahun sekali. Tapi tentunya, kamu tetap harus melakukan bebersih mobil kecil-kecilan dengan rutin.

Exit mobile version