Cara Poles Mobil Biar Kinclong Dengan atau Tanpa Mesin
Cara Poles Mobil Biar Kinclong Dengan atau Tanpa Mesin

Cara Poles Mobil Biar Kinclong Dengan atau Tanpa Mesin

24 September 2021
0 Comments

Bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan dengan mobil pribadi, menjaga kondisi mesin agar tetap sehat dan memiliki performa bagus bukan satu-satunya cara merawat kendaraan milik Anda. Sama seperti ‘dapur’, body mobil juga harus diperhatikan agar tetap tampil menarik. Karena itu, penting untuk mencari tahu cara poles mobil sendiri. Dengan memiliki mobil yang kinclong, Anda pun akan semakin percaya diri mengendarainya.

Ada beberapa cara poles mobil sendiri yang bisa dilakukan. Mulai dari sekadar cuci sampai membawa kendaraan kesayangan untuk body detailing atau auto detailing. Penjelasan lengkapnya akan dibahas dalam ulasan berikut ini!

Body Detailing dan Manfaatnya

Proses body atau auto detailing yang dilakukan pada sebuah mobil

Body detailing atau yang juga dikenal dengan istilah auto detailing pada dasarnya mirip dengan salon mobil. Seperti salon kecantikan, body detailing lebih dari sekadar membersihkan kotoran dari body mobil saja. Hasil dari body detailing akan membuat kendaraan Anda tampil semakin kinclong dan cantik.

Proses body detailing dilakukan dalam beberapa langkah mulai dari pembersihan, pemulihan bagian eksterior hingga bagian dalam mobil. Pertama, mobil Anda akan dicuci bersih terlebih dahulu sampai bebas dari kotoran. Selanjutnya akan dilakukan perbaikan cat atau paint correction.

Paint correction yang dilakukan termasuk proses compounding, polishing dan glazing. Beragam produk digunakan untuk mengatasi masalah-masalah khusus yang ada di permukaan mobil Anda. Cat mobil kemudian akan diberi proteksi temporer dengan menggunakan teknik wax atau nano ceramic coating sehingga akan kembali berkilau.

Body detailing secara umum tidak hanya membuat mobil Anda menjadi bersih. Tapi juga mengembalikan tampilan eksterior maupun interiornya pada kondisi terbaik. Body detailing pada umumnya dilakukan langsung oleh tenaga profesional alih-alih dikerjakan sendiri karena prosesnya yang cukup panjang dan rumit.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Poles Mobil

Untuk menyingkirkan kotoran penyebab mobil kusam, Anda bisa melakukan pemolesan sendiri di rumah. Meski begitu, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Diperlukan pengetahuan tentang cara poles yang benar sekaligus perlengkapan yang memadai. Sebelum mobil dipoles, lakukan beberapa langkah persiapan berikut ini!

1. Cuci Mobil Hingga Bersih

Sebelum dipoles, semua kotoran termasuk lumpur dan debu yang menempel pada body mobil tentu harus disingkirkan. Karena jika tidak, proses pemolesan malah akan membuat mobil Anda jadi penuh goresan, bukannya malah jadi kinclong. Usahakan untuk menggunakan alat khusus pencuci mobil agar hasilnya maksimal.

Saat mencuci mobil, Anda juga harus memperhatikan sabun yang digunakan. Hindari mencuci mobil dengan deterjen, sabun pencuci piring apalagi sabun colek. Penggunaan sabun dengan pH yang tidak sesuai dengan cat mobil akan merusak permukaannya. Belilah sabun khusus pencuci mobil agar permukaan kendaraan Anda tetap terawat.

Baca juga: Cara Mencuci Mobil Sendiri dan Kesalahan yang Harus Dihindari

2. Keringkan Body Mobil dengan Lap Microfiber

Setelah Anda selesai mencuci bersih mobil, jangan lupa untuk mengeringkan sisa-sisa air di permukaannya dengan menggunakan lap microfiber. Lap khusus ini biasa dipakai oleh penyedia jasa body detailing atau salon mobil. Lapisan permukaannya yang lembut tidak akan membuat cat tergores sehingga lebih aman dibanding menggunakan kanebo atau kain biasa.

Alat dan Bahan untuk Poles Mobil Sendiri

Agar hasil polesan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan yakni:

  • Cairan poles. Anda bisa menemukan cairan poles dengan berbagai merek di pasaran. Masing-masing merek biasanya memiliki kelebihan masing-masing. Jangan ragu membeli cairan poles yang harganya sedikit mahal tapi berkualitas daripada mencari yang murah tapi ternyata murahan
  • Mesin poles. Agar pekerjaan memoles yang Anda lakukan jadi lebih mudah, Anda membutuhkan mesin poles. Mesin poles umumnya dilengkapi dengan 2 jenis kain yakni kain kasar dan kain halus. Kain kasar berguna untuk mengoleskan cairan poles secara merata ke permukaan mobil, sementara kain yang halus berguna untuk memberikan tampilan yang lebih kinclong.

Selain dua alat dan bahan di atas, Anda juga membutuhkan peralatan cuci mobil yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan body yang kotor. Perlu diketahui bahwa penggunaan mesin poles sebenarnya tidak wajib. Hanya saja dengan memiliki mesin poles pekerjaan yang Anda lakukan akan lebih cepat dan mudah.

Sebenarnya saat ini sudah banyak mesin poles yang dijual di pasaran. Harganya pun cukup terjangkau dengan kisaran antara Rp3-5 jutaan. Jika budget tersedia, tidak ada salahnya membeli mesin poles sendiri agar pekerjaan memoles mobil di rumah jadi lebih mudah dan cepat.

Cara Poles Mobil Sendiri dengan Menggunakan Mesin

Seseorang sedang poles mobil sendiri dengan menggunakan mesin

Setelah menyiapkan peralatan di atas, saatnya untuk memulai proses pemolesan. Karena durasinya cukup lama, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikannya sampai akhir. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Pertama, poleslah bagian atas mobil secara merata. Dengan menggunakan lap kasar mesin poles, buat pola dengan gerakan membulat sampai pemolesan merata
  • Selanjutnya untuk memunculkan efek kinclong yang diharapkan, gunakan lap halus untuk lapping (menggosok). Poleslah permukaan atas mobil perlahan-lahan dan teliti tanpa perlu membubuhkan cairan ke permukaan lap halus
  • Lakukan langkah yang sama untuk bagian-bagian body mobil yang lainnya termasuk bagian depan, belakang dan sisi kanan-kirinya
  • Jangan melewatkan bagian velg dan kaca mika. Pada bagian kaca dan spion, oleskan obat penghilang jamur agar permukaannya tidak kusam
  • Jika ada bagian yang tidak bisa dijangkau dengan mesin atau tangan, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Setelah semua langkah dilakukan, periksa lagi semua bagian mobil. Kalau ada bagian yang menurut Anda masih kurang berkilau, ulangi proses pemolesan sampai Anda mendapatkan kilau yang diinginkan.

Cara Poles Mobil Sendiri Tanpa Menggunakan Mesin

Seseorang sedang poles mobil dengan menggunakan sepasang tangan atau tanpa mesin

Kalau Anda tidak memiliki mesin poles, proses pemolesan bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan. Tidak hanya prosesnya yang panjang, Anda juga memerlukan banyak tenaga untuk melakukannya. Adapun langkah-langkah memoles mobil sendiri tanpa menggunakan mesin adalah:

  • Supaya hasilnya maksimal, poles bagian mobil secara berurutan mulai dari bagian panel samping depan sebelah kiri dan kanan. Selanjutnya masuk ke bagian pintu depan, samping lalu ke panel belakang
  • Untuk memoles, ambil cairan wax yang sudah disiapkan lalu oleskan sedikit demi sedikit ke permukaan mobil sampai merata. Setelah itu, ambil kain microfiber yang masih bersih dan poles cairan yang sudah diaplikasikan di body mobil. Buat gerakan memutar berulang-ulang sampai Anda mendapatkan kilau yang diinginkan.

Meski lebih hemat biaya, namun memoles mobil sendiri dengan menggunakan tangan akan membuat tangan Anda pegal-pegal dan punggung terasa sakit. Selain itu, hasil polesan manual biasanya kurang maksimal dan akan ada bagian yang terlihat kurang kinclong. Proses pemolesan dengan tangan bisa memakan waktu antara 2 sampai 6 jam, tergantung seberapa cepat cara kerja Anda.

Itulah beberapa cara poles mobil sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah. Mau menggunakan mesin atau manual, semua tergantung pada preferensi Anda.

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.