Cara Mencuci Mobil Sendiri dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Mencuci mobil sendiri di rumah kadang cukup menantang bagi beberapa orang. Pasalnya, ada banyak bagian dari mobil yang harus dicuci. Selain itu, ada bagian yang tidak boleh terkena air sehingga Anda harus hati-hati saat melakukannya.

Karena cara mencuci kendaraan roda empat sedikit rumit, beberapa orang enggan melakukannya sendiri di rumah. Mereka cenderung menggunakan bantuan dari mereka yang sudah ahli dengan datang ke bengkel atau salon mobil.

Sebenarnya, mencuci kendaraan roda empat bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, Anda perlu mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bukan Sekadar Bersih, Ini Dia 9 Cara Cuci Motor yang Benar

Cara Mencuci Mobil Sendiri di Rumah


Mencuci kendaraan roda empat sendiri di rumah bisa dilakukan oleh siapa saja. Hanya dengan mengikuti cara di bawah ini, Anda bisa membersihkan mobil secara rutin tanpa harus buang-buang uang ke tempat cuci mobil.

1. Siapkan Peralatan dan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencuci roda empat sendiri di rumah adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang bisa digunakan adalah ember kecil, wadah penampung air, selang air, dan kain lap untuk menyapukan sabun ke bodi mobil.

Untuk bahan, Anda bisa menyiapkan dua hal. Pertama adalah sabun yang dipakai untuk semua bodi dan sabun khusus per bagian, seperti sabun untuk rangka dan sabun untuk velg roda. Siapkan semuanya agar tidak perlu mencari-cari.

2. Cek Bodi Mobil Dahulu

Cek semua bodi mobil dari depan sampai ke belakang. Kalau ada bagian yang butuh dibersihkan dahulu, lakukan. Misal ada sisa lumpur, Anda bisa menggunakan kain lembut untuk membersihkannya. Jika masih ada kotoran dan nanti bercampur sabun, partikel bisa menyebar ke mana-mana.

3. Mulai dari Roda Dahulu

Sebenarnya Anda boleh mencuci dari mana saja. Namun, beberapa orang suka memulainya dari bagian yang paling mudah kotor, yakni roda. Lakukan dengan menggunakan sabun khusus agar kotoran mudah terlepas dan akhirnya terlihat kinclong kembali.

Gunakan selang dengan air menyembur yang cukup deras untuk membersihkan busa. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya kotoran dan sabun yang terus menempel meski sudah dibersihkan.

4. Berlanjut ke Bodi

Setelah selesai berurusan dengan roda, Anda bisa berlanjut menuju ke bodi. Pertama-tama, guyur semua bagian bodi dengan air sampai basah merata. Selanjutnya, aplikasikan sabun khusus mobil ke beberapa bagian dari bodi dan lap dengan kain agar berbusa. Ratakan di semua bagian.

Bodi harus benar-benar dipenuhi dengan busa dan merata di semua sisi. Selanjutnya, Anda bisa mendiamkannya dahulu. Beberapa sabun memiliki bahan aktif yang butuh waktu untuk membuang atau menarik kotoran. Selanjutnya, Anda bisa mengguyur bodi mobil dengan menggunakan air.

5. Gunakan Air yang Mengalir

Anda bisa menggunakan air yang mengalir untuk melakukan pembilasan. Siramkan air dari gayung dari atas ke bawah di semua bagian. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan selang air yang memiliki aliran cukup deras agar proses pembilasan berjalan cepat.

Jangan menggunakan satu ember dengan kain lap yang sama untuk mengelap bagian bodi yang berbusa. Lebih baik ambil sedikit demi sedikit kalau Anda ingin sedikit menghemat air.

6. Keringkan dengan Kain Lembut

Setelah semua bagian mobil terlihat bersih dan tidak ada sisa sabun, Anda bisa mengeringkannya dengan kain lembut. Gunakan kain kering untuk menghilangkan sisa air di semua permukaan bodi.

7. Poles Bodi

Setelah semua bagian bodi kering, jangan lupa memolesnya dengan cairan khusus. Ibarat rambut, cairan ini adalah pomade yang akan menjaga permukaan mulus dan membuatnya jadi mengkilap.

Gunakan cairan khusus yang cocok dengan bodi mobil. Jangan asal menggunakan cairan tertentu yang akan membuat bodi jadi tergores atau mengalami korosi.

Kesalahan Mencuci Kendaraan Roda Empat yang Harus Dihindari


Melakukan kesalahan saat mencuci mobil akan membuat kendaraan mengalami masalah. Entah itu pada mesin atau bodi, kesalahan seharusnya dihindari agar kendaraan roda empat bisa segera digunakan setelah dicuci. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari.

1. Memakai Sembarang Sabun

Kesalahan terbesar saat mencuci kendaraan roda empat adalah memilih sabun sembarangan. Padahal, ada sabun khusus yang diciptakan untuk mencuci bodi mobil agar tidak terjadi korosi atau goresan tipis selama proses pencucian berjalan. Hindari menggunakan sabun cuci atau sabun mandi.

Kalau Anda masih belum memiliki sabun khusus mobil, ada baiknya cuci dengan air saja. Meski ada kemungkinan tidak bersih, setidaknya tidak akan berisiko menyebabkan kerusakan pada bodi.

2. Tidak Memakai Air Mengalir

Karena ingin menghemat air, Anda menggunakan satu ember saja untuk mencuci seluruh permukaan dari mobil. Lalu, Anda mencampur sabun cuci ke wadah, mengusapkannya ke bodi secara bergantian, lalu mencelupkannya lagi ke ember. Kalau hal ini terus dilakukan, ada kemungkinan kotoran akan menempel lagi di bodi.

Kalau ingin melakukan penghematan, ada baiknya untuk menyapukan air mengalir dari atas ke bawah. Anda tidak perlu pakai selang air atau sejenisnya. Cukup pakai gayung agar kotoran dari atas bisa mengalir ke bawah dengan sendirinya.

3. Mencuci Bagian Mesin

Apapun alasannya, usahakan untuk tidak mencuci bagian kap dari mesin. Mengapa? Karena area ini memiliki cukup banyak sambungan listrik di dalamnya. Apabila terkena air, kemungkinan mengalami korsleting akan tinggi. Akhirnya, mobil bisa mogok.

Apabila terpaksa harus membersihkan bagian itu, jangan pakai air mengalir. Anda bisa memakai kain basah dan membersihkan bagian yang kotor dengan hati-hati agar tidak mengenai rangkaian listrik.

4. Mencuci di Bawah Matahari yang Terik

Banyak orang mungkin kurang suka menyeka bodi mobil setelah mencucinya untuk mengeringkannya. Lalu, Anda mencuci kendaraan roda empat di bawah terik matahari. Setelah bodi mobil bersih, air akan mengering dengan sendirinya tanpa perlu dibersihkan dengan kain.

Kenyataannya, hal ini cukup berbahaya. Pasalnya, bodi yang basah lalu dibiarkan kering di bawah teriknya matahari bisa merusak cat yang dipakai. Meski tidak langsung rusak, lambat laun akan memicu masalah pada bodi sehingga mobil butuh dicat ulang.

5. Menggunakan Satu Kain Lap Saja

Usahakan untuk tidak menggunakan satu kain lap saja. Pasalnya, ada kemungkinan kain yang dipakai berkali-kali membawa kotoran yang sebelumnya dibersihkan. Bedakan kain untuk memberikan sabun, membilas, sampai kain untuk mengeringkan bodi mobil.

Kain untuk membersihkan bodi mobil juga harus lembut. Apabila kain yang digunakan agar kasar, kemungkinan besar akan merusak permukaan cat.

Mencuci mobil sendiri di rumah ternyata mudah dilakukan asal mengetahui caranya. Anda bisa menggunakan berbagai langkah di atas untuk menghemat pengeluaran karena sering ke salon mobil atau bengkel. Kecuali mobil sangat kotor dan tidak bisa dibersihkan sendiri, Anda bisa datang ke tukang cuci mobil.

Dalam mencuci roda empat, sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pertama menggunakan  air yang banyak, kedua memakai sabun yang benar, dan terakhir dilakukan dengan hati-hati agar air tidak sampai masuk ke dalam mesin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *