Bingung? Begini Cara Memilih Mobil Bekas untuk Dipakai!
Bingung? Begini Cara Memilih Mobil Bekas untuk Dipakai!

Bingung? Begini Cara Memilih Mobil Bekas untuk Dipakai!

24 September 2021
0 Comments

Memiliki mobil sendiri tentu menjadi impian banyak orang. Selain bisa berkendara ke mana-mana tanpa harus khawatir dengan panas dan hujan, memiliki mobil akan memberikan prestise tersendiri bagi pemiliknya. Tapi, bagaimana caranya punya mobil jika bujet yang dimiliki terbatas? Memilih mobil bekas bisa jadi solusi jitu untuk Anda!

Banyak orang yang berpikir bahwa membeli mobil bekas itu berpotensi merugikan. Ada yang takut beli mobil bekas karena khawatir akan mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan dan servis. Padahal jika Anda cukup teliti, ada banyak sekali pilihan mobil bekas dengan kualitas yang ciamik seperti baru. 

Kenapa Harus Beli Mobil Bekas?

Contoh mobil bekas yang masih bagus dan layak pakai

Tahukah Anda bahwa jumlah kendaraan bermotor yang mengaspal di jalanan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari semakin meningkatnya penjualan mobil dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 saja misalnya, ada 1,15 juta unit mobil baru yang laku terjual. Jumlahnya naik 7% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tidak hanya mobil baru, angka penjualan mobil bekas pun turut mengalami peningkatan signifikan. Pada kuartal pertama di tahun 2019, terdapat kenaikan angka penjualan unit mobil bekas dibanding tahun sebelumnya di periode yang sama. Lantas, kenapa harus memilih mobil bekas?

1. Harganya Lebih Terjangkau

Faktor utama yang jadi pertimbangan saat membeli mobil bekas tentu saja karena harganya. Karena sudah pernah dipakai, unit mobil akan mengalami penurunan harga. Tapi dibandingkan dengan mobil baru, penyusutan harga yang terjadi pada mobil bekas jauh lebih rendah dibandingkan ketika Anda membeli mobil baru.

2. Pajak yang Lebih Murah

Semakin baru mobil yang Anda beli, semakin mahal pajak yang akan Anda keluarkan per tahunnya. Apalagi kalau Anda punya lebih dari 1 kendaraan. Mencari mobil bekas akan membantu Anda memangkas pengeluaran pajak karena nilai pajak yang dikenakan pada mobil bekas keluaran lama biasanya lebih ramah di kantong.

3. Fitur Tak Kalah Mumpuni

Produsen mobil selalu mengeluarkan produk dengan fitur terbaru setiap tahunnya. Setiap tahunnya juga, banyak orang yang berbondong-bondong menjual mobil lama mereka dan menggantinya dengan keluaran terbaru. Artinya, Anda punya banyak sekali opsi di pasaran yang sebenarnya jika diteliti, tidak kalah canggih dan mumpuni dibanding keluaran terbaru. Ditambah harga yang jauh lebih miring, mobil bekas sangat layak untuk dimiliki.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Tips atau cara memilih mobil bekas yang pas dan sesuai kebutuhan

Meski memilikih sejumlah kelebihan, membeli mobil bekas juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang sebaiknya jadi pertimbangan. Simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Temukan Showroom dengan Banyak Opsi

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membeli mobil bekas adalah berkunjung ke showroom. Temukan showroom besar yang memiliki banyak stok. Semakin banyak pilihan, semakin mudah Anda mencari yang terbaik.

2. Lakukan Uji Kendara

Seperti halnya saat membeli mobil baru, mobil bekas juga perlu diuji kendara atau test drive sebelum dibawa pulang. Dengan mengetahui seperti apa rasanya berkendara dengan mobil tersebut, Anda bisa tahu kondisi mobil dan kesesuaiannya dengan kebutuhan Anda.

3. Gunakan Tenaga Ahli untuk Melakukan Inspeksi

Bagi Anda yang tidak paham mesin dan mobil, membeli mobil bekas bisa sangat tricky. Kalau tidak teliti, Anda bisa saja tertipu. Karena itu Anda harus membawa tenaga ahli. Mintalah seorang teknisi atau montir profesional melakukan pemeriksaan mesin. Saat ini ada banyak penyedia jasa inspeksi mesin independen yang bisa disewa jasanya untuk melihat kondisi calon mobil yang akan dibeli.

4. Cek Kelengkapan Dokumennya

Memiliki kendaraan dengan surat-surat yang lengkap sangat penting untuk menghindarkan Anda dari masalah di kemudian hari. Jangan lupa periksa keaslian surat-surat tersebut dengan datang langsung ke kantor polisi atau dengan menggunakan aplikasi online. 

Surat-surat yang sebaiknya disertakan saat pembelian unit mobil bekas antara lain adalah BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor), STNK dan lembar pajak, form A (surat untuk mobil impor sebagai bukti telah lunas biaya bea cukainya), faktur pembelian, fotokopi KTP pemilik serta kwitansi kosong.

5. Cek Riwayat Servis

Untuk memastikan kendaraan yang akan Anda beli dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya, lakukan pengecekan riwayat servis atau service record. Minta pemilik untuk menunjukkan bukti servis di bengkel resmi untuk memastikan mesinnya terawat. Selain itu, riwayat servis juga bisa menjadi sumber informasi jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan atau tidaknya spare part mobil yang sudah diganti.

6. Hati-Hati dengan Harga Miring

Meskipun tujuan membeli mobil bekas adalah untuk berhemat, tapi jangan sampai Anda terjebak dengan harga murah. Kebanyakan mobil yang dibanderol di bawah harga pasaran adalah unit bekas banjir atau kecelakaan yang tentu akan merugikan Anda nantinya.

Tips Merawat Mobil Bekas

Sepasang tangan sedang melakukan perawatan terhadap mobil

Merawat mobil bukan hanya tentang memastikan kondisi mesinnya tetap prima di jalanan. Ketika mobil terawat, harga jualnya juga akan tetap tinggi. Artinya, ketika suatu saat Anda ingin menjualnya, Anda tetap akan dapat untung. Simak beberapa tips penting dalam merawat mobil bekas berikut ini!

1. Pastikan Semua Cairan dalam Mobil Terjaga dengan Baik

Agar bisa berfungsi dengan baik, mobil memerlukan beragam cairan seperti cairan rem, power steering hingga air radiator. Pastikan Anda selalu memeriksa semua cairan-cairan ini agar tidak habis. Dengan begitu, kondisi mesin akan selalu prima.

2. Jangan Lupa Servis dan Ganti Oli Secara Rutin

Untuk mobil dengan mobilitas tinggi, servis harus dilakukan setiap jarak tempuh 10.000 km. Lakukan servis hanya di bengkel resmi agar Anda bisa mendapat pelayanan terbaik. Jika semasa pemakaian Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk segera membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan solusi terbaik.

Selain servis, penggantian oli mobil juga harus dilakukan secara rutin. Oli sangat penting bagi mesin terutama mengurangi efek gesekan antar komponen, membersihkan kotoran dan meredam getaran dalam mobil. Agar tetap stabil di jalanan, gantilah oli setiap 50.000 km jarak yang ditempuh.

3. Lakukan Pengecekan Aki

Ketika performa aki menurun, sistem kelistrikan mobil akan terganggu. Untuk memastikan aki tetap dalam kondisi baik, pastikan level air akinya berada pada batas penanda. Cek juga tegangan volt meternya saat Anda melakukan servis di bengkel resmi untuk mengetahui apakah aki masih berfungsi dengan baik atau tidak.

4. Bersihkan Mobil

Meski sering dianggap sepele, faktanya kebersihan mobil juga turut berpengaruh pada tingkat keawetannya. Cucilah mobil dan bersihkan bagian interiornya setidaknya satu kali dalam seminggu. Membersihkan mobil secara berkala akan mencegah munculnya karat di berbagai komponennya dan menjaga harganya tetap stabil di pasaran.

Baca juga: Cara Mencuci Mobil Sendiri dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih mobil bekas. Pastikan Anda hanya membeli unit mobil dari dealer terpercaya.

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.