Anti Ribet! Bau Helm Akan Langsung Hilang Dalam 7 Langkah

Cara menghilangkan bau pada helm motor

Sering berkendara di tengah polusi udara yang tinggi, dicampur dengan keringat yang menumpuk dapat menjadi sebab helm motor mudah bau. Terlebih ketika kamu sudah menggunakan helm tersebut selama bertahun-tahun, mau bermerk premium pun helm motor akan tetap meninggalkan jejak bau yang tidak sedap dihirup. Nah, untuk menghilangkannya, kamu bisa mencoba melakukan 7 cara menghilangkan bau pada helm motor.

Baca juga: Biar Nggak Kekecilan, Ikuti Tips Memilih Helm Motor yang Tepat

Cari Tahu Dulu Bau Helm Motor Didapat Dari Mana

Percaya atau tidak, jika keringat kamu yang menumpuk di bagian dalam bantalan helm bukanlah penyebab utama bau tidak sedap itu muncul. Sebaliknya, bau di helm disebabkan oleh proses bakteri alami yang hidup di kulit kepala. 

Bakteri tersebut akan bereaksi terhadap lipid dan protein yang ditemukan dalam keringat, akibatnya menciptakan bau. Proses tersebut tidak akan bisa dicegah. Sebab, keringat dan bakteri akan selalu ada. Namun, yang bisa kamu cegah adalah hasil dari proses tersebut dengan melakukan perawatan yang baik pada helm. 

7 Langkah Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap Helm Motor

Nah, jika sudah terlanjur menimbulkan bau tidak sedap, kamu bisa melakukan 7 cara menghilangkan bau pada helm motor ini. 

1. Lepas Tiap Bagian Helm Motor yang Bisa Dibongkar Pasang

Pertama, kamu bisa membongkar dulu bagian-bagian helm yang bisa dilepas. Untuk panduannya, bisa melihat dari situs resmi pabriknya langsung. Bahkan, dari sana, kamu dapat mencari tahu apakah helm motor yang kamu miliki bersifat modul dan dapat dibongkar sepotong demi sepotong. 

Jika ternyata tidak bersifat modul (dapat dibongkar), lepaskan dengan hati-hati bagian apa pun yang dapat dilepas tanpa merusak helm. Selanjutnya, bersihkan tiap-tiap bagian satu per satu. 

2. Rendam Helm Motor dalam Larutan Sabun

Kamu bisa merendam bagian-bagian helm motor yang terlepas ke dalam larutan sabun dan biarkan setidaknya 15 hingga 20 menit. Agar tidak merusak cat helm, kamu bisa membeli sabun khusus yang digunakan untuk mencuci helm

Tujuan merendam helm motor adalah untuk memastikan bahwa semua kotoran yang ada di lapisan dalam maupun bantalan helm mulai terlepas. Untuk bagian helm yang tidak bisa dibongkar, cukup rendam seluruh helm dalam seember air sabun dan diamkan sejenak. 

3. Mengangkat Kotoran dengan Lembut

Usai merendam helm, selanjutnya keluarkan helm dari ember. Seka dengan kain katun yang lembut di tiap permukaannya hingga semua kotoran hilang. 

Pastikan kamu tidak memberikan banyak tekanan pada permukaan helm karena dapat merusak cat. Hal ini perlu kamu perhatikan jika kamu memiliki helm premium bermerek dengan harga mahal. 

Setelah kamu merasa bahwa permukaan atas telah bersih, tahan di bawah keran air yang mengalir dan biarkan semua kotoran mengalir pergi.

4. Biarkan Helm Motor Mengering Secara Alami

Setelah mencuci helm motor dengan sabun dan yakin semua kotoran telah dibersihkan, keringkan secara alami dengan memanfaatkan sinar matahari. Namun, kamu jangan langsung menjemurnya di tengah terik mentari ya. Sebab, cat dapat rusak secara permanen. 

Sayang, kan kalau helm motor kamu ternyata merk ternama dan berharga mahal tetapi catnya bisa rusak lantaran salah dalam membersihkannya. Untuk itu, kamu bisa meletakkan helm di tempat yang sedikit teduh atau tertutup kanopi agar cahaya matahari tidak langsung mengenai bagian luar helm. Agar lebih aman lagi, kamu bisa menggunakan kipas untuk mengeringkan sisa-sisa air yang membasahi helm terutama di bagian bantalan. 

5. Rajin Menyeka Keringat di Bagian Dalam Helm Motor

Sering-seringlah menyeka bagian dalam helm motor kamu dengan kain untuk menghilangkan sisa keringat. Semakin sedikit keringat yang diserap helm, semakin sedikit reaksi dan bau yang ditimbulkan. Cara ini tidak hanya bisa mengurangi bau yang muncul, tetapi juga bisa menghilangkannya. 

6. Gunakan Shampoo Bayi untuk Mencuci Helm Motor

Kamu bisa memanfaatkan shampoo bayi dan air hangat untuk mencuci bantalan helm dan menghilangkan bau tidak sedapnya. 

Caranya, campur shampoo bayi dengan air hangat di dalam ember atau baskom. Ambil kain microfiber atau spons kemudian celupkan ke dalam ember dan peras untuk menghilangkan sisa air shampoo. Sebab, jika kelebihan air, bantalan helm akan mudah rusak. Usapkan kain atau spons yang basah tersebut ke area dalam helm atau area bantalan. Ulangi beberapa kali sebelum membilas dengan air bersih. Ketika membilas dengan air bersih, gunakan kain lain agar bekas shampoo hilang dari bantalan helm. 

7. Gunakan Parfum untuk Menutupi Bau Apek Helm Motor

Sewaktu bau apek belum terlalu parah, kamu bisa menghapusnya dengan parfum atau cairan pewangi yang mengandung alkohol rendah. Ingat ya, untuk menggunakan pewangi beralkohol tidak tinggi agar tidak merusak rambut atau kulit kepala ketika dipakai. 

Caranya, dengan menyemprotkan parfum atau cairan pewangi tersebut ke dalam bantalan helm. Diamkan selama beberapa menit. Maka, bau tidak sedap akan hilang dan berganti bau parfum. 

Jika kamu melakukan 7 cara menghilangkan bau pada helm motor tersebut, silakan ucapkan selamat tinggal pada bau busuk pada helm. Berkendara pun akan menjadi lebih nyaman dan aman. Namun, usahakan untuk rajin melakukan pembersihan ya. Jika tidak sempat mencuci, semprotkan parfum atau bawa ke tukang jasa cuci. Mereka akan membantumu membersihkan bakteri-bakteri yang tertinggal di helm motor serta menghilangkan bau apeknya. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *