10 Aksesoris Motor yang Paling Banyak Digunakan para Bikers
10 Aksesoris Motor yang Paling Banyak Digunakan para Bikers

10 Aksesoris Motor yang Paling Banyak Digunakan para Bikers

5 April 2021
0 Comments

Penambahan aksesoris motor pada roda dua tidak hanya bertujuan untuk menambah penampilan saja. Namun, penambahan tersebut juga dapat meningkatkan fungsi atau performa kendaraan. Itulah alasan para bikers banyak menambahkan elemen itu sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak jenis aksesori untuk kendaraan bermotor dan tidak semuanya cocok untuk motor yang Anda tunggangi. Untuk itu, pilih mana yang terbaik agar tidak menyebabkan masalah performa dan melanggar aturan lalu lintas. Berikut beberapa jenis aksesori yang bisa Anda pilih.

Baca juga: Tips Memilih Jok Motor yang Benar dan Cara Merawatnya

1. Knalpot Racing

Knalpot racing adalah salah satu aksesori yang banyak dipakai oleh bikers, khususnya mereka yang menyukai motor sport. Biasanya knalpot jenis ini umumnya dipakai untuk menggantikan knalpot bawaan yang dianggap kurang garang. Dengan pemasangan ini, motor akan terlihat lebih menarik dan gagah.

Knalpot jenis ini dianggap mampu menaikkan performa dari kendaraan. Saat dipakai melaju di jalanan, kecepatan dari motor bisa lebih maksimal. Sayangnya, untuk melakukan itu, suara motor balap yang kencang dari knalpot juga keluar dan kerap mengganggu pengguna jalan lain.

Jika Anda melakukan modifikasi pada knalpot untuk keperluan konten saja, tidak akan ada masalah. Namun, motor yang dipakai setiap saat akan mengganggu banyak orang. Paling parah, Anda bisa kena razia dari pihak kepolisian karena tidak menggunakan knalpot standar.

2. Lampu Variasi


Lampu standar pada motor akan menghasilkan cahaya terang dengan satu warna saja. Sebaliknya, jika Anda menggunakan lampu jenis variasi, warnanya akan lebih beragam dan bisa memberikan sentuhan unik saat dipakai di malam hari. Terlebih lagi, lampu akan terlihat sangat besar dan menarik perhatian.

Lampu variasi ini bisa dipasang di mana saja. Ada beberapa riders menggantinya di bagian headlamp. Anda bisa menyesuaikan penggantian ini dengan bujet dan kebutuhan. Namun, pastikan lampu orisinalnya tetap dipakai atau tidak dibuang.

3. Rem Cakram


Rem cakram banyak digunakan oleh bikers karena dua alasan. Pertama, rem cakram memberikan tambahan tampilan yang menarik. Kedua, rem ini dapat menambah keamanan pada kendaraan karena rem cakram dikenal sangat andal dan mampu menurunkan kecepatan motor dengan cepat.

Umumnya, beberapa motor sport sudah memiliki rem cakram yang berasal dari pabrikan resminya. Namun, ada juga yang masih menggunakan rem standar sehingga Anda harus mengubahnya jika ingin meningkatkan kemampuan.

4. Suspensi Variasi

Shockbreaker atau suspensi selalu ada pada setiap motor. Gunanya untuk menurunkan guncangan dan membuat Anda lebih nyaman saat berkendara. Sayangnya, bagian suspensi ini tidak maksimal pada beberapa motor dan membuat pengguna selalu tersiksa saat memakainya.

Hal ini bisa terjadi saat Anda menggunakan motor di daerah dengan jalanan yang terlalu terjal. Untuk menghindari kerusakan pada motor dan membuat tubuh tidak terlalu kelelahan, Anda bisa menggunakan shockbreaker atau suspensi modifikasi yang lebih nyaman.

Anda bisa mengganti seluruh bagian dari suspensi ini dengan yang baru dan menyimpan yang orisinal. Jika suatu saat Anda tinggal di kawasan yang lebih nyaman, suspensi yang lama bisa dikembalikan.

5. Remote Alarm

Aksesori kendaraan bermotor lain yang sangat diandalkan karena bisa menambahkan fungsi pada kendaraan adalah remote alarm. Anda bisa menambahkan alarm pada motor agar aman dari pencurian atau tindak kejahatan lainnya. Jadi, begitu ada orang mengambil sesuatu dari motor, alarm akan berbunyi.

Remote pada alarm bisa digunakan untuk menyalakan dan mematikan pengaman dari jarak beberapa meter. Jadi, Anda bisa mengatur alarm dari mana saja untuk membuat kendaraan aman dari pencurian. Selain itu, kalau alarm menyala sendirinya, Anda bisa mematikannya agar tidak mengganggu orang sekitar.

6. Aksesoris Motor Fairing


Sebagian besar motor sport memiliki bagian sayap atau fairing yang membuatnya tampak gagah dari depan dan samping. Jika Anda memiliki motor matic atau bebek biasa, tambahkan elemen ini untuk memberikan kesan lebih besar meski aslinya hanya motor standar.

Sebelum memutuskan memakai fairing pada bodi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik. Pertama, bodi akan besar sehingga memakan ruang saat diparkir. Kedua, saat berkendara di cuaca berangin, kemungkinan besar motor akan jadi berat mengingat permukaan yang diterpa angin lebih besar.

7. Box Tambahan


Anda suka sekali touring dan melakukan perjalanan dengan banyak orang? Mengapa tidak menambahkan aksesoris motor berupa box tambahan di bagian belakang? Box ini akan memberikan ruang yang besar untuk menyimpan banyak barang untuk keperluan perjalanan jauh.

Sebelum memutuskan membeli box untuk sepeda motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Anda harus memilih ukuran yang pas dengan motor yang dimiliki. Jangan sampai terlalu besar. Berat dari box juga harus diperhatikan agar Anda tetap nyaman saat berkendara.

Box portabel yang bisa dibongkar pasang akan lebih baik. Jadi, saat dibutuhkan, box tersebut bisa dipasang dan saat tidak dibutuhkan, box bisa dilepas agar tidak terlalu memakan tempat saat diparkir.

8. Charger Ponsel


Sebagian besar sepeda motor keluaran baru sudah memiliki colokan USB yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel. Dengan hadirnya fitur ini, Anda tidak akan merasa khawatir jika ponsel yang digunakan dayanya habis di tengah jalan.

Jika motor Anda tidak memiliki fitur ini, pasang saja aksesorisnya. Saat ini, ada cukup banyak aksesori kendaraan berupa charger ponsel yang bisa dipasang ke bodi atau yang berjenis portable.

9. Speaker Klakson

Klakson dari sepeda motor memiliki suara yang khas meski tidak terlalu keras. Untuk memberikan sentuhan unik, Anda bisa menggunakan speaker klakson yang bisa menaikkan kekuatan suara. Selain itu, bunyi yang keluar juga bisa menirukan suara klakson dari kendaraan roda empat.

Aksesori ini sebenarnya tidak begitu disarankan karena bisa membuat orang lain kaget saat dibunyikan. Selain itu, apabila ada polisi yang melihat, klakson ini juga bisa menjadi masalah karena termasuk melanggar aturan. Jadi, pertimbangkan dengan matang sebelum menggunakan aksesori ini.

10. Tabung Master Rem

Tabung master rem sebenarnya memiliki fungsi sama dengan yang standar. Hanya saja, ukurannya yang besar dan memiliki bentuk tertentu membuat aksesori ini banyak diburu oleh penggemar sepeda motor modifikasi. 

Anda bisa menggunakan tabung rem jenis apa pun untuk motor, selama bisa menambah penampilan. Namun, ada baiknya untuk memilih jenis yang tidak memperburuk rem sehingga membahayakan kendaraan dan pengemudi saat digunakan dengan kecepatan tinggi.

Sepuluh aksesori kendaraan bermotor yang sudah dibahas di atas tentu tidak semuanya cocok dengan tunggangan yang Anda miliki saat ini. Untuk itu, pilih satu atau dua yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Kecuali akan melakukan modifikasi, Anda bisa menggunakan aksesori tambahan lebih banyak.

Apa pun jenis aksesoris motor yang Anda pakai saat ini, pastikan tidak hanya membuat tampilan kendaraan roda dua tampak lebih menarik. Namun, aksesori tersebut juga bisa memberikan fungsi tambahan tanpa harus melanggar aturan lalu-lintas yang berlaku di Indonesia.

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021. All rights reserved.